15 Spot Sunrise Terbaik dan Romantis di Indonesia

ireztia

Ketika kita traveling tentu saja tidak mau melewatkan sedikitpun momen indah akan keindahan alam. Salah satunya sunrise. Mengejar sunrise sangat menyenangkan, karena disana kita bisa melihat keindahan yang tidak ada duanya di langit Indonesia ini. Rasanya kurang lengkap kalo traveling tanpa mengabadikan moment sunrise. Perjuangan menikmati sunrise tentu tidak semudah sunset, saat kita ingin mengabadikan sunrise kita harus datang ke spot sunrise tersebut pagi sebelum matahari terbit.

Berikut tempat terbaik sunrise di Indonesia :

  1. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau terbesar di Indonesia ini melmiliki pemandangan danau yang sangat indah. Selain pemandangan danau yang Indah danau toba juga memiliki keindahan sunrise yang luar biasa. Banyak tempat untuk melihat pemandangan indah di Danau Toba, Sumatera Utara. Namun, satu tempat yang harus wisatawan datangi adalah Menara Tele. Dari menara ini, lekuk indah alam Danau Toba terlihat seksi di pagi hari. Objek wisata berupa menara pandang bernama Panorama Indah Tele, berada di Tele, pertengahan jalan antara Pangururan menuju Sidikalang. Ini adalah wilayah Kabupaten Samosir yang berada di daratan Sumatera dan bukan di Pulau Samosir.

danau toba

  1. Gunung Kerinci, Jambi

Pesona keindahan sunrise di gunung ini sudah tidak dipungkiri lagi. Gunung ini menjadi incaran para pendaki professional, baik itu dari Indonesia maupun pendaki dari luar Indonesia. Selain panorama sunrise yang luar biasa indah, kalian juga bakalan mendapati panorama Danau Gunung Tujuh dari ketinggian.

kerinci

  1. Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat

Gunung Papandayan adalah gunung berapi yang spektakuler. Ada lima pesona yang membuat Gunung Papandayan pantas untuk didaki. Papandayan terletak di Garut dan mudah dijangkau. Saat ini adalah waktu yang tepat mendaki Gunung Papandayan sampai pertengahan bulan September. Selain terkenal dengan padang Edelweis dan hutan matinya, Gunung Papandayan menjadi tempat yang asik buat melihat sunrise.

papandayan

  1. Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah

Salah satu hotspot sunrise terindah di Indonesia ini terdapat di Desa Sembungan dengan ketinggian 2, 350 mtr.  Waktu paling pas buat menyaksikan sunrise di bukit ini adalah pada saat musim kemarau, yakni antara bulan Juli dan Agustus.

sikunir

  1. Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah

Masih dikawasan Dieng. Puncak gunung Prau yang indah dengan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur, bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan, seolah menjadi racikan yang pas untuk mampu menghasilkan pemandangan sunrise yang indah. Keindahan cahaya mentari pagi dapat juga Anda saksikan dari puncak Gunung Prau atau kadang-kadang dimaksud juga Gunung Prahu. Bukan sekedar keindahan cahaya mentari pagi yang bisa Anda saksikan di puncak gunung itu namun keindahan padang rumput yang luas dengan bukit-bukit kecil serta sabana. Gunung ini berlokasi di Kabupaten Batang Kendal, Wonosobo.

 

  1. Bukit Punthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

Di Bukit Punthuk Setumbu ini kamu bisa mendapatkan sunrise yang begitu cantik dimana kalian akan mendapati matahari pagi dengan cahaya oranyenya muncul dari balik gunung Merapi dan Merbabu. Sungguh Epik. Bukit ini letaknya ada di sebelah Barat Daya candi Borobudur. Jadi buat Wovger, terutama yang dari luar kota Magelang, saran Bang Jho sih sekalian mampir ke Candi Borobudur, biar gak rugi-rugi amat udah nyampe sini. Suatu bukit yang terdapat di samping barat daya Candi Borobudur. Kenapa tempat ini sangatlah pas untuk nikmati sunrise lantaran dari puncak bukit ini Anda bakal disuguhi panorama sunrise dari balik Gunung Merapi serta Merbabu nan indah.

punthuk setumbu

  1. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Paket Berburu Sunrise Di Borobudur memang sedang banyak diburu para penyuka sunrise. Banyak traveler yang hobi mengintip sang surya yang sedang malu-malu bersinar dan perlahan muncul dari balik Gunung Merapi yang masih diselimuti kabut pagi. Memang tiada aroma pagi begitu segar nan sempurna kecuali dalam balutan nuansa keajaiban warisan sejarah Indonesia. Iya, berburu sunrise di Borobudur akan menjadi pengalaman yang takan terlupakan bagi kamu.

borobudur

  1. Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Kamu bisa mendaki gunung ini saat malam hari, dan pasti bakalan mendapati Blue Fire atau api biru di kawah Ijen. Pemandangan yang luar biasa dan jarang-jarang bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Kawah yang terdapat di puncak Gunung Ijen ini mempunyai kedalaman 200 m serta luas 5, 4 ha. Berhubung letaknya di puncak Gunung Ijen, tempat yang pas untuk nikmati sunrise terindah di Indonesia. Fenomena itu dapat Anda saksikan jam 02. 00 – 04. 00.

ijen

  1. Bromo, Jawa Timur

Gunung yang mempunyai ketinggian 2, 329 m diatas permukaan laut ini termasuk juga dalam lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sunrise terindah di Indonesia ini dapat di nikmati di Penanjakan 1. Apabila peak season atau musim berburu tiba, Anda dapat memperoleh panorama sunrise ini dari Penanjakan 2, Bukit Kingkong atau Bukit Cinta.

bromo

  1. Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru memang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan pepohonan dan rerumputan hijau. Tapi ada satu momen yang tidak boleh dilewatkan setiap pendaki saat menanjak gunung tertinggi di tanah Jawa ini. Momen itu adalah melihat cantiknya matahari keluar dari peraduan di pagi hari. Salah satu tempat terbaik yang akan menyuguhkan kecantikan matahari terbit adalah Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau di Semeru, yang dikelilingi pepohonan hijau.

semeru

  1. Gunung Batur, Bali

Gunung ini terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Gunung ini menjadi salah satu gunung paling populer di pulau Dewata. Banyak pendaki yang sengaja mendaki gunung hanya untuk berburu sunrise. Panorama munculnya matahari pagi akan terlihat begitu indah dari ketinggian Gunung batur ini, ditambah dengan pemandangan danau Batur di bawahnya yang tentunya gak kalah keren.

batur

  1. Rinjani, Lombok, NTB

Dengan ketinggian 3,726 mdpl, Gunung Rinjani memang tempat yang sangat indah untuk menikmati indahnya sunrise. Banyak banget pendaki dari mancanegara yang juga pengen manjadi saksi pesona keindahan gunung Rinjani. Terutama saat pagi hari, waktu matahari terbit pertama kali. Berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3, 726 m diatas permukaan laut, Gunung Rinjani memanglah tempat yang sangatlah indah untuk nikmati panorama kemunculan cahaya mentari pagi.

rinjani

  1. Savana Bekol

Savana Bekol adalah objek wisata alam yang menjadi andalan Taman Nasional Baluran. Pemandangan yang ada di padang rumput luas ini mirip dengan pemandangan alam liar di Afrika yang sering kita lihat di kanal National Geoprahpic. Sehingga, banyak yang menyebut Savana Bekol ini sebagai miniatur Afrika di Jawa Timur. Pemandangan sunrise disini juga sayang banget kalau sampe dilewatkan.

bekol

  1. Sunrise Gunung Kelimutu

Gunung yang terletak di pulau Flores NTT ini lebih akrab di sebut sebagai Danau Kelimutu, danau yang dulunya gunung berapi purba ini menyuguhkan pemandangan danau tiga warna yang sangat cantik, apa lagi jika kita melihat pemandangan alamnya di saat Sunrise tiba, Sungguh pemandangan yang sangat cantik.

kelimutu

  1. Sunrise Gunung Tambora

Ini dia salah satu gunung tertua di Indonesia,bahkan dunia, pemandangan yang di suguhkan dari gunung yang terletak di Sumbawa ini sungguh Luar biasa keren,apa lagi jika dikmati di saat Sunrise, seakan kamu di bawa ke dunia Luar yang sunyi dan sangat menakjubkan.

tambora

Itulah beberapa tempat terindah untuk menikmati sunrise di Indonesia. Tak perlu jauh jauh pergi ke luar negeri untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan ini.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply