Traveling Saat Musim Hujan, Mungkinkah ??

ireztia

Saat traveling kamu pasti menginginkan cuaca yang enak dan cerah bukan? Kamu bakal lebih ngerasa nyaman kalo cuaca mendukung perjalanan . Bagaimana kalo musim hujan? Biasanya para traveler membatalkan rencana liburannya yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari karena cuaca yang tidak bersahabat. Cuaca terkadang memang sulit diprediksi, meski diberita dikatakan cuaca akan cerah, seketika saja awan hitam menyergap dan turun hujan.

Mungkin bagi setiap orang menjadi pengganggu kegiatan traveling Anda. Tapi jangan salah, kamu juga bisa menikmati kegiatan traveling kamu saat musim hujan dengan tips-tips berikut ini :

  1. Pastiin tubuh kita dalam keadaan fit

Tubuh yang fit adalah modal utama untuk traveling pada saat musim hujan. Menjaga kondisi tubuh memang sangat penting. Ketika kamu melakukan perjalanan pada musim hujan maupun musim panas dengan kondisi tubuh yang tidak sehat, tentunya liburan kamu akan terasa biasa-biasa saja dan tidak berkesan! Untuk mengatasinya minumlah vitamin sebelum melakukan traveling bisa menjadi pilihan baik untuk menjaga stamina selama perjalanan.

  1. Bawa Obat obatan

Berlibur saat musim hujan memang penuh persiapan yang ekstra. Obat-obatan adalah salah satu barang yang wajib kamu bawa. Setidaknya kamu harus menyiapkan obat lebih banyak untuk menghindari berbagai macam wabah penyakit pada saat musim hujan dan jangan lupa, siapkan asuransi perjalanan sebagai perlindungan diri kamu saat berlibur.

  1. Bawa payung atau jas hujan

Jangan biarin hujan ngebatalin jadwal rute yang udah kamu atur jauh-jauh hari. Biar nggak mager dan juga batal jalan-jalan, kamu wajib bawa payung dan siapin jas ujan di tas. Walau sedang hujan, kamu bisa nerobosnya tanpa ragu!

  1. Bawa Topi/ Kupluk

Namanya juga musim ujan, gerimis sepanjang hari itu hal yang biasa. Di kalangan anak muda tuh rasanya pantang banget pakai payung kalau masih gerimis. Padahal, hujan rintik-rintik itu juga bisa bikin kamu drop lho. Jadi, daripada repot pakai payung, kamu wajib stand by topi atau kupluk terus untuk menghadapi hujan rintik-rintik dan tetap nyaman jalan walau lagi gerimis.

  1. Bawa tas yang tahan air

Kamu ga mau kan bete gara-gara barang yang udah kamu bawa kebasahan air hujan? Berabe dong ya kalo sampai basah apalagi kalo itu barang-barang yang sangat penting. Untuk itu kita perlu bawa tas yang bahan air agar barang-barang kita lebih terlindungi.

  1. Pilihlah destinasi wisata Indoor

Jika kamu sudah berencana untuk berwisata outdoor (misalnya di pantai ataupun gunung), mungkin di saat musim hujan ini kamu harus mengubah tujuan destinasi wisata ke tempat yang memiliki cuaca cerah atau tempat tertutup. Kamu bisa berwisata ke museum, menikmati pertunjukan seni seperti pertunjukan tari atau pertunjukan alat musik tradisional sekaligus mempelajari sejarah kebudayaan dan warisan negara, mengikuti kelas yoga ataupun hanya sekedar nongkrong di Kafe saat hujan turun.

7.       Bawa pakaian lebih

Karena musim hujan dan kamu mungkin bisa kehujanan dan basah, jadi jangan lupa untuk bawa pakaian lebih saat travelling kali ini. Tiap baju basah juga jangan lupa langsung dijemur, siapa tau bisa dipakai lagi kemudian hari kalau kamu kehabisan stock.

8.       Pakai sepatu boots

Pakai flat shoes, sandal atau running shoes emang terlihat nyaman saat travelling, tapi, karena lagi musim hujan gini, mendingan kamu cari aman aja dengan pakai sepatu boots yang tahan banting untuk menerpa hujan. Meski pakai jas ujan atau payung, tetap aja kan sepatu kamu bakalan basah dan juga kena becekan.

9.       Pilihlah hotel di tengah kota

Pikirin untuk pilih hotel atau penginapan yang terletak di pusat kota dan dekat tempat wisata, minimal kafe. Menginap di pusat kota bisa memudahkan kamu untuk pergi ke mana-mana. Apalagi kalau di sekitarnya ada banyak kafe. Untuk alternatif kalau benar-benar nggak memungkinkan untuk jalan jauh, kamu bisa hang out di kafe sekitarannya aja.

  1. Berburu Kuliner Hangat

Wisata kuliner kamu bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat musim hujan. Coba kunjungi restoran-restoran yang biasanya dipenuhi oleh pengunjung, di saat musim hujan ada kemungkinan restoran ini lebih sepi pengunjung. Ada juga menu-menu kuliner yang enak disantap di musim hujan seperti wedang ronde, bajigur, sekoteng, bandrek, dan juga bakso maupun soto yag bisa kamu coba.

  1. Bawalah Pakaian Hangat

 

Musim hujan identik dengan udara yang dingin. Kamu perlu menyiapkan pakaian hangat agar tidak kedinginan saat di tempat liburan. Karena baju hangat seperti jaket, long coat, sweater atau capuchon yang berbahan tebal sangat berguna untuk menahan hawa dingin yang datang menerpa tubuh kita. Sudah dipastikan jika kita berlibur disaat musim penghujan seperti ini suhu udara akan menjadi lembab dan dingin. apalagi jika kalian mengunjungi daerah puncak atau kawasan pegunungan. jadi Baju hangat sangatlah diperlukan dalam perjalanan.

 

  1. Pilihlah Penerbangan Langsung

 

Jika kamu berlibur ke tempat yang cukup jauh dan memerlukan pesawat sebagai alat transportasi utamanya, pastikan kalian memilih penerbangan langsung sebagai alternatifnya. karena melakukan perjalanan berlibur disaat musim hujan seperti ini, dengan memilih penerbangan langsung bukan transit atau connection flight adalah pilihan yang tepat. walaupun harga yang kalian peroleh sedikit lebih mahal dari penerbangan reguler biasanya.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir resiko delay yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi akibat cuaca yang tidak bersahabat. sebab, delay akibat cuaca tidak bisa di prediksi kapan akan berakhirnya. enggak mau dong waktu kalian hanya habis untuk menunggu keberangkatan pesawat yang belum tahu kepastiannya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika traveling pada saat musim hujan. Semoga bermanfaat dan liburan lebih mengasyikan!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply