Tips Agar Road Trip Kamu Menyenangkan !!

ireztia

Road trip buat kamu yang pergi liburan bareng temen-temen bakal jadi sesuatu yang menyenangkan. Sudah pasti kamu bakal lebih menikmati perjalanan dengan pemandangan-pemandangan indah selama kamu road trip. Terkadang kamu malah merasa bete karena road trip lama dan kadang macet. Untuk itu inilah tips buat kamu yang road trip agar tetap menyenangkan :

  1. Pastikan kendaraan dan diri kamu sendiri dalam keadaan fit

Karena mudik dan road trip menjelang Lebaran bisa melewati jalur dengan track menantang serta memakan waktu yang relatif panjang—biasanya minimal 4 jam, kadang bisa lebih dari 24 jam—periksakan kendaraanmu sebelum berangkat. Pastikan mobil dalam kondisi layak dan nyaman dipakai berpergian.

  1. Pikirin budget

Ini sangat penting, kamu harus bikin anggaran untuk kelompok dan pribadi. Misalnya untuk antisipasi biaya bensin, hotel, makan dan lain-lain.

  1. Tetapkan Jumlah Tim

Jumlah orang yang ikut nentuin kapasitas mobil ya. Pastiin siapa saja yang ikut jangan sampe nanti malah overload.

  1. Pikirin Lama Perjalanan

Kalo kamu mau road trip yang jauh kamu perlu bikin estimasi kapan sampe di tujuan dan kapan bisa sampe lagi kerumah. Karena itu sangat penting, kalo tidak jadwal kamu bakal acak-acakan dan pastinya bakal mengganggu semuanya seperti pekerjaan di kantor. Pastiin juga jatah libur kamu ya.

  1. Berikan waktu istirahat selama dan setelah perjalanan

Road trip emang lebih mudah dan murah dibandingkan traveling menggunakan transportasi komersil, tapi, road trip menyita banyak energimu. Makanya, biar nggak terburu-buru dan tetap bisa nyaman dan menikmati selama perjalanan, usahain kamu nggak berangkat secara mepet. Lebihkan waktu satu hari untuk beristirahat dan bersantai sejenak.

  1. Pakailah pakaian yang nyaman

Selama perjalanan panjang, kamu bakalan menghabiskan waktu untuk duduk dan bergerak terbatas. Jadi, usahain untuk pakai pakaian yang nyaman selama perjalanan. Untuk cewek, legging dan kaos adalah pasangan yang pas banget. Buat yang cowok, joger pants dan kaos juga paduan yang cocok. Usahakan untuk hindari mengenakan celana jeans karena bisa bikin kamu nggak nyaman selama perjalanan, terlebih lagi bikin sulit untuk bergerak.

  1. Bawa perlengkapan untuk mendukung tidur

Selama perjalanan, sebagian besar yang bisa kamu lakuin adalah tidur. Jadi, jangan lupa bawa perlengkapan tidurmu di dalam mobil. Mulai dari kaos kaki, kain panjang dan juga bantal kecil untuk membuatmu tetap nyaman selama perjalanan.

  1. Stock camilan

Kalau kamu ngelakuin perjalanan panjang ini bareng teman-teman, bisa jadi kamu bakalan begadang terus menenami temanmu yang nyetir. Makanya, untuk menghindari kantuk, kamu wajib banget untuk nge-stock camilan, terlebih lagi untuk antisipasi kalau ada macet.

9.       Bawa buku

Kalau kamu bepergian di siang hari dan masih bersemangat, nggak ada salahnya untuk bawa buku untuk berjaga-jaga kalau kamu bosan dan udah lelah tidur. Bawa buku yang ringan dibaca dan juga fun. Soalnya, tujuan baca buku di mobil adalah untuk menghilangkan bosan.

10.   Jaga kandungan air putih

Jangan sampai dehidrasi. Selama perjalanan, pastiin kamu terus menjaga kandungan air putih, ya biar kamu nggak panas dalam dan ngeganggu waktu liburanmu.

11.   Lakukan olahraga kecil

Karena kamu bakalan nggak bebas bergerak selama perjalanan, jadi usahain untuk melakukan stretching tangan dan juga kaki. Kalau kamu lagi istirahat cari makan di resto setempat juga jangan lupa gunain waktu tersebut untuk meregangkan badan. Selain biar nggak tegang, kamu juga bisa menghindari bengkak di bagian kaki karena duduk yang terlalu lama.

12.   Bawa perlengkapan untuk dengerin musik

Kalau kamu bepergian bareng teman-teman, dengerin musik up beat dengan speaker adalah hal yang paling tepat. Tapi, kalau kamu bepergian dengan keluarga, rasanya penting banget untuk bawa earphone-mu biar lebih nyaman dan asyik untuk dengerin musik. Jangan lupa juga untuk sortir atau download lagu-lagu asyik untuk menemani selama perjalanan.

13.   Tentukan gantian tugas pengarah jalan

Buat kamu yang baru road trip pertama kali, GPS adalah hal yang penting biar nggak nyasar dan bikin semua orang bete. Biar adil, pastiin kamu dan teman-teman udah berbagi tugas sebagai pengarah jalan untuk nemenin temanmu yang nyetir. Bukan hal yang nggak mungkin tuh nanti bakalan ada yang main salah-salahan karena nyasar.

14.   Berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan

Kalau kamu road tip untuk liburan dan nggak lagi dikejar waktu, daripada memakan energi berlebih dengan jalan terus sampai tujuan, mendingan setiap kali bosan, kamu berhenti dan menikmati pemandangan sekitar sejenak. Bisa untuk sekedar menghirup udara sekitar atau bahkan untuk foto-foto.

  1. Bawa surat-surat yang diperlukan

Jangan lupa bawa surat-surat yang diperlukan seperti STNK, SIM, KTP,  hingga kartu   mahasiswa dan kartu pelajar.

  1. Jaga kendaraan tetap bersih dan nggak overload

Saat berkemas, kamu ngga usah terlalu banyak bawa barang agar kamu dan penumpang lainnya nyaman. Jangan terlalu penuhi mobil dengan barang-barang. Sediakan juga tempat sampah, supaya kebersihan terjaga selama perjalanan.

  1. Tanyakan rekomendasi tempat makan pada warga setempat

Ini penting, nih, terutama kalau selama perjalanan, kamu mampir-mampir di beberapa tempat. Kamu bisa tanya-tanya rekomendasi tempat makan ke warga yang kamu temui di jalan, atau ke teman yang berasal dari daerah tersebut.

  1. Pastikan batere handphone, pulsa, dan kuota internet mencukupi

Untuk traveling biasanya kita lebih cemas dengan nasib  gadget kalo abis batere. Gadget bisa sebagai penghibur ketika kamu bete dijalan. Untuk itu pastiin batere mencukupi atau bisa kamu bawa power bank ya.

  1. Pantau bensin dan pom bensin/SPBU

Sebaiknya kamu isi bensin kamu sebelum abis ya. Kali aja nanti ada daerah yang susah dapet bensin dan jauh dari mana-mana. Lumayan juga kalau pom bensinnya menyediakan fasilitas toilet bersih, mini market, tempat beribadah, gerai belanja, dan toko buku. Kamu bisa isi bensin sekalian beristirahat.

  1. Alat Dokumentasi

Suatu hal yang wajib kamu bawa adalah alat dokumentasi. Road Trip bakal jadi pengalaman yang seru yang gabisa dilewatkan begitu saja tanpa mendokumentasikannya dengan baik. Tunjuklah 1 atau 2 temanmu untuk membawa alat dokumentasi.

  1. Berkendara dengan aman dan santai

Kamu tidak perlu berburu-buru saat berkendara. Lakukan dengan santai dan nikmatilah perjalanan kamu. Ngebut dan ugal-ugalan dijalan malah akan bikin kamu bahaya.

Itulah beberapa tips agar road trip tetap menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply