Menikmati Keindahan Bawah Laut Dengan Discovery Scuba / Diving

ireztia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam terutama untuk wisata bawah lautnya. Kegiatan diving menjadi sangat populer karena memang bawah laut Indonesia sangat indah dan keren untuk kegiatan diving seperti Raja Ampat, Bunaken, Komodo dan Wakatobi. Kegiatan diving / menyelam SCUBA tidak dapat dipungkiri saat ini makin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Diving merupakan olahraga yang sangan menyenangkan tapi sekaligus berbahaya sekali. Perlu keseriusan dan kehati-hatian.

 

Tips diving untuk pemula :

  1. Ikutilah kursus diving untuk mendapatkan sertifikat diving. Jika kamu pemula bisa mencoba Discover Scuba Diving atau pengenalan diving di kolam renang di bawah pengawasan seorang instruktur diving.
  2. Periksakan kesehatan kamu sebelum  melakukan diving. Pemeriksaan yang harus dilakukan meliputi kesehatan paru-paru THT, tekanan darah dan sebagainya. Pastikan anda cukup fit untuk diving.
  3. Pastikan kamu bisa berenang. kamu akan diminta menunjukkan kenyamanan anda di air (watermanship) pada saat anda memulai pelatihan di kolam renang. Biasanya berupa berenang 200 meter tanpa henti (waktu tidak ditentukan) dan mengambang atau survival float selama 10 menit.
  4. Setelah kamu lulus dan mendapat sertifikat Diving, jangan menyelam di tempat – tempat yang berbahaya, seperti tempat yang berarus kuat atau shipwreck (reruntuhan kapal tenggelam). Menyelamlah pada tempat penyelaman yang serupa dengan kondisi pada saat anda di latih.
  5. Jangan pernah menyelam sendirian. Anda harus ditemani seorang buddy (mitra selam) pada saat  diving. Hal ini penting jika terjadi masalah selama penyelaman, buddy anda akan dapat membantu anda.
  6. Dengarkan pengarahan dan ikuti aturan yang diberikan oleh pemandu diving Anda. Pastikan pemandu kamu adalah seorang Divemaster atau insturktur yang bersertifikat.
  7. Periksa peralatan selam kamu! Khususnya jika  menyewa peralatan selam tersebut. Pastikan semua peralatan Scuba Diving terpasang dengan benar dan bekerja dengan semestinya. Dan lakukan pre dive check dengan buddy Anda sebelum melakukan penyelaman.
  8. Perhatikan keadaan cuaca sebelum menyelam. Pastikan cuaca cukup cerah, ombak dan gelombang tidak terlalu tinggi, sehingga anda tidak mabuk laut pada saat berada di permukaan.

Scuba diving sertifikasi tidak memerlukan tes berenang. Calon penyelam diwajibkan untuk:

  • Berenang 200 meter tanpa berenang bantu, atau 300 meter dengan berenang dengan alat bantu seperti fins, masker dan snorkel.
  • mengambang tanpa bantuan perangkat pengapungan selama sepuluh menit.

Jika kalian merasa belum percaya diri untuk mengambil sertifikasi diving namun ingin tetap bisa menikmati keindahan bawah laut, kalian bisa mengikuti program discovery diving.

Scuba discovery adalah program wisata menyelam yang dibuat khusus untuk orang yang belum mengantongi dive license tetapi ingin mencoba menyelam di laut. Jika kamu ingin menyelam tapi belum mempunyai lisensi kamu bisa mencoba discovery scuba terlebih dahulu. Kalau ingin discovery, instruktur selam akan memilih tempat untuk try scuba atau discovery scuba, di tempat yang lebih aman.  Instruktur biasanya akan membawa penyelam pemula untuk mencoba discovery scuba diving di tempat yang arusnya tenang dan medannya menopang untuk keberlangsungan kegiatan. Starting point-nya juga harus ada tangga sehingga instruktur dan penyelam dapat berkomunikasi dengan mudah.

Sebaiknya harus bisa berenang dulu. Minimal terbiasa di dalam air aja. Karena kalo sudah nyaman di air, tentu kembali lagi berkaitan dengan keamanan. Untuk orang yang tidak lancar atau tidak bisa berenang, sebaiknya beberapa hari sebelum menyelam, biasakan dulu untuk menyesuaikan berenang di dalam kolam, agar tidak kaget saat berenang. Tidak hanya itu, setiap aktivitas yang berhubungan dengan alam harus berhati-hati, dan kenali kondisi fisik diri sendiri. Sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan. Bila terjadi sesuatu, dapat segera diatasi.

Melihat aktifitas dan tantangannya, tentu saja Program Scuba Discovery ini ditujukan hanya untuk kamu yang memang menyukai tantangan ekstrem, menguasai skill berenang dan tidak phobia terhadap air serta tubuh dalam kondisi fit (tidak sakit flu dll). Bagi kamu yang tidak bisa berenang bisa mencoba Program Pengenalan Dunia Bawah Air, selain biaya lebih murah aktifitas kegiatan juga ringan dan tidak terlalu menantang.

Mengingat bahayanya kegiatan diving maka discovery scuba sangat dianjurkan bagi para pemula. Discover scuba lebih aman karena medannya tidak terlalu berbahaya dan arusnya cukup tenang.

 

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply