Ingin Camping Kamu Menyenangkan?? Ini yang Harus Kamu Perhatikan !

ireztia

Kegiatan yang lagi booming dilakukan pas weekend dikalangan anak muda sekarang adalah camping. Bertamu ke alam bebas, melakukan sesuatu yang sederhana namun tetap mengasyikkan. Tidur menengadah menghadapi langit malam, mengamati bintang dan objek langit yang lain ditemani hangatnya api unggun. Ahhhh nikmat Tuhan mana yang sanggup kamu dustakan?

Camping adalah salah satu trik untuk travelling hemat budget alias murah. Tanpa harus mengeluarkan uang untuk biaya penginapan, kalau kamu bawa tenda dan juga sleeping bag, kamu bisa tidur di mana aja dengan gratis dan juga sepuasnya. Tapi, berkemah atau pergi camping tetap nggak bisa semau-maunya.

Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk camping :

  1. Lakukan observasi terlebih dahulu ke tempat kamu camping

Menentukan lokasi berkemah tentu jadi hal pertama dan utama yang harus diperhatikan ketika memutuskan pergi camping. Karena lokasi jelas akan mempengaruhi persiapan yang harus dilakukan. Cari tahu dulu mengenai destinasi berkemahmu. Kalau ternyata di sana rawan banjir atau gunung api meletus kan bisa membahayakan dirimu. Riset dan observasi penting dilakukan, demi keamanan dan keselamatan kamu dan teman-teman. Lokasi juga akan berkaitan dengan akses menuju kesana, apakah di sana dekat dengan sumber air atau bahkan pemukiman warga. Kamu harus tahu segalanya.

2.       Cari tempat untuk mendirikan Tenda

Hindarilah tempat yang banyak binatang melata atau serangganya. Sebelum mendirikan tenda, pastiin kamu memilih spot yang berpermukaan datar. Hal ini akan berpengaruh banget dengan kenyamanan saat tidur. Tentunya, tidur di atas permukaan yang nggak rata bisa bikin punggungmu sakit dan tidur nggak nyaman. Sebelum mendirikan tenda, kalau kamu kemping di daerah permukaan tanah, pastiin dulu kalau kamu udah menyingkirkan batu-batu yang sekiranya akan mengganggu kenyamanan kamu saat tidur.

3.       Pilih tenda sesuai kebutuhanmu

Fungsi tenda dimanapun kamu berkemah ya cuma satu, melindungi dari hujan, angin, dan juga panas. Satu hal yang kudu kamu perhatikan, tinggi tenda berpengaruh pada daya tangkap angin. Semakin rendah tenda, maka akan semakin tahan terhadap terpaan angin. Bahan tenda pun tak boleh luput dari perhatian, lebih baik pilih yang terbuat dari nylon, karena akan memberi isolasi yang baik dari suhu lembab. Ukuran juga penting, lebih baik pilih yang ringan dan praktis dibawa ke mana-mana.

4.       Bawalah sumber Penerangan

Sumber penerangan seperti head lamp, senter atau lampu petromaks ekstra juga tak boleh ketinggalan.

5.       Bawa alat Masak

Kamu boleh saja memutuskan untuk tak membawa nesting dan bahan makanan sama sekali. Tapi hal ini tentu tak berlaku kalau kamu berkemah di hutan atau gunung. Kompor gas kecil yang bisa dilipat praktis boleh jadi prioritasmu. Alat makan plastik dan korek api jangan pula kamu tinggalkan di rumahmu.

6.       Pikirkan list kegiatan yang akan kamu lakukan disana

Spaya kegiatan camping-mu lebih bermakna, kamu buat itinerary dulu. Jangan sendirian supaya nggak berkesan egois, ajak kawan-kawan yang terlibat berbincang tentang beragam kegiatan yang bisa kalian lakukan. Kalau misal kamu kemah di lereng gunung, hiking jarak dekat mungkin akan menarik. Mungkin kamu bisa memuaskan hobi fotografimu dengan memotret banyak obyek menarik di alam bebas.

  1. Bawa Peta

Bawa kompas sama peta manual aja juga bakal percuma, kalau diantara kamu dan kawan-kawanmu nggak punya kemampuan untuk menggunakannya. GPS sebenarnya bisa kamu jadikan bala bantuan alternatif nantinya.

  1. Bawa Obat-obatan

Kotak P3K tak boleh ketinggalan. Dengan segala kegiatan fisik seperti trekking, hiking, dan berlari, kamu nggak akan kebal dari luka lecet.

  1. Nikmati Camping-mu dan jauhkan gadget

Camping akan jauh lebih mengasyikkan ketika kamu menjauhkan diri segala perangkat gadget, dan menghabiskan sebagian besar waktumu dengan berinteraksi. Baik dengan teman-teman maupun dengan alam sekitar. Duduk bersama mengelilingi api unggun, menghangatkan tubuh dan hati sembari bertukar kisah kehidupan selama ini akan membuat campingmu makin berkesan.

10.   Membawa persediaan makanan

Kamu tak ingin kan merasa kelaparan saat berkemah? Untuk itu, pastikan Anda membawa persediaan makanan, seperti roti, sarden, mi instan, dan bebagai makanan yang mudah disajikan lainnya.

  1. Pastikan membawa cukup air putih

Berkemah atau camping biasanya dilakukan banyak orang dengan pergi ke gunung. Untuk mencapai ke sana, tentunya akan mendaki dan membuat Anda kelelahan. Untuk itu, pastikan Anda membawa air putih yang cukup.

  1. Jangan lupa membawa garam

Garam juga perlu dibawa untuk menghindari serangan ular dan binatang-binatang lainnya. Anda bisa menyebarkan garam di luar tenda untuk menghindari serangan dari binatang.

  1. Pilih tenda berwarna cerah

Biar tendamu tetap terlihat saat malam, usahakan untuk memilih tenda yang berwarna cerah. Terlebih lagi kalau kamu camping di daerah perhutanan, jikalau suatu hal nggak menyenangkan terjadi, otomatis orang sekitar akan dengan mudahnya menemukan tendamu karena warnanya yang cerah dan mudah ditemukan.

  1. Letakan barang di setiap sudut tenda

Untuk menyeimbangi kokohnya tenda, ada baiknya kamu meletakan barang di setiap sudut tenda. Hal ini bakalan membantu banget kalau sewaktu-waktu ada angin kencang yang bisa menyebabkan robohnya tenda. Tapi, demi keamanan dan kenyamanan, pastiin dulu kalau kamu udah membawa barang-barang berharga di dekat kamu tidur. Jadi, tas tersebut hanya berisikan baju dan juga perlengkapan kempingmu.

  1. Perhatikan arah angin

Kalau kamu kemping di daerah yang dingin, pasang api unggun pasti jadi hal wajib. Biar kamu nggak sesak selama pemasangan api unggun, pastiin kamu udah memasang tenda sesuai dengan arah angin biar asap api unggun tersebut nggak mengarah ke tenda dan membuat tenda jadi sesak dan pengap.

  1. Usahakan pilih di tempat yang ramai

Kalau kamu mau memasang tenda, ada baiknya mencari tempat yang memang menjadi spot para traveller untuk bermalam. Selain aman, kamupun juga bisa cari teman baru.

Berikut  barang atau alat yang jangan anda lupakan saat akan pergi camping :

  1. Pisau Lipat
    Pisau lipat sederhana yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan saat anda berada diluar atau sedang berkemah. Dengan berbagai macam jenis alat yang ada didalamnya pisau ini akan bebenar-benar membantu saat kamu di alam bebas.
  2. Terpal
    Terpal sangat penting, karena bersifat Kuat, Fleksibel dan tahan hair. jadi kamu bisa menggunakan terpal untuk alas tenda, tenda atau yang lainnya. Dalam membawanya juga mudah karena ringan, bisa dilipat dan disimpan dalam tas.
  3. Kotak P3K

Kebakar, goresan, benjolan pada bagian anggota tubuh bisa saja terjadi saat kamu camping, Jadi persiapkanlah P3K mini untuk berjaga-jaga. anda bisa membawa obat-obatan dasar seperti, desinfektan, betadine, hansaplast, balsem dan lainnya.

  1. Kompor Portable

Ada beberapa pilihan bagi kamu untuk memasak di hutan saat berkemah, menyalakan api langsung dari kayu bakar dan memasak disitu atau kamu bisa menggunakan kompor potable yang menggunakan gas kaleng yang kecil.

  1. Lampu Portable

Lampu portabel atau bisa juga senter sangat bergunak sekali pada saat camping terutama untuk malam hari saat hendak buang air kecil dan menerangi tenda anda.

Itulah hal hal yang perlu kamu perhatikan  untuk camping. Semoga camping-mu asyik ya!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply