Membuat Masker Gliserin Sendiri di Rumah

ireztia

Seringkali kita mendengar kata gliserin dalam kehidupan sehari-hari, dimana ya? Oiya dalam produk kecantikan terutama pada komposisi produk lotion dan sabun. Hihi..  Lalu apa sebenarnya gliserin itu? Gliserin adalah cairan kental yang tidak berwarna dan rasanya manis. Gliserin memiliki titik didih tinggi dan membeku dalam bentuk pasta. Yang paling umum digunakan gliserin adalah dalam sabun dan produk kecantikan lainnya seperti lotion.

Cairan ini sangat populer dalam produk kecantikan karena merupakan humektan yang menyerap air dari lingkungan. Dengan demikian, gliserin dapat membantu untuk menyegel kelembaban. Tidak hanya itu, gliserin digunakan dalam proses pembuatan sabun. Banyak produsen sabun menggunakan ekstrak gliserin selama proses pembuatan sabun untuk digunakan dalam produk yang lebih mahal. Dalam setiap sabun, dapat ditambahkan untuk menghasilkan sabun yang bagus dengan pelembab yang berkualitas, termasuk meningkatkan kualitas pembersihan sabun.

Gliserin dapat dilarutkan dengan mudah menjadi alkohol dan air tetapi tidak menjadi minyak. Senyawa kimia murni disebut Gliserol, yang menunjukkan bahwa itu adalah alkohol.

Gliserin mudah menyerap air dari udara sekitarnya, berarti gliserin bersifat higroskopis. Jika ada gliserin dibiarkan di tempat terbuka, gliserin tersebut akan menyerap air dari udara sekitarnya hingga cairan tersebut mengandung 20% air. Jika gliserin ditempatkan di lidah akan membuat lidah kering karena dehidrasi. Ketika produk kecantikan yang mengandung senyawa ini digunakan pada kulit sebagai pelembab, maka gliserin dapat membantu menjaga kelembaban kulit tersebut.

Bahan dasar pembuatan gliserin berubah dari waktu ke waktu. Pada tahun 1889, misalnya, gliserin bisa didapatkan dari para pengrajin lilin. Pada saat itu, lilin yang terbuat dari lemak hewan yang berfungsi sebagai bahan dasar pembuatan gliserin. Proses ekstraksinya cukup rumit dan ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara termudah adalah dengan mencampur lemak dengan larutan alkali. Ketika dua dicampur, sabun terbentuk dan gliserin kemudian terbentuk.

Gliserin merupakan suatu cairan kimia yang memiliki sifat unik, yaitu dapat menyerap air dari udara atau lingkungan. Karena sifatnya yang unik inilah Gliserin sering di manfaatkan sebagai bahan campuran untuk produk kecantikan. Penggunaan Gliserin pada produk kecantikan nantinya akan berperan sebagai pelembab kulit, Gliserin dapat mengikat cairan dan menyerap kadar air dari lingkungan sehingga kelembaban kulit kita jadi terjaga.

Biasanya hanya produk-produk berkualitas saja yang menggunakan ekstrak Gliserin, dan harganya pun sudah pasti lebih mahal. Manfaatnya sangat banyak dan sangat diminati oleh para pebisnis kecantikan. Lalu apa saja manfaat gliserin bagi kecantikan? Yu simak..

Manfaat gliserin di dunia kecantikan wajah memang terbilang luar biasa, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Gliserin dapat menjadikan wajah kita lebih cerah.
  2. Melindungi kulit dari sengatan singar matahari yang dapat membuat kulit jadi gelap dan keriput.
  3. Membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati.
  4. Melembabkan kulit sehingga selalu tampak segar, kenyal, dan awet muda
  5. Sebagai anti aging / anti penuaan karena Gliserin dapat memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga kulit wajah kembali halus, dan keriput menjadi berkurang.
  6. Gliserin dapat menyamarkan bintik-bintik dan noda hitam pada kulit wajah sehingga warna kulit kembali merata.
  7. Menghaluskan dan melembutkan kulit yang kasar.
  1. Mengatasi masalah kulit kering seperti eksim dan prosiasis
  2. Pembersih muka untuk mencegah dan mengurangi jerawat
  3. Untuk bibir, dapat mengobati masalah bibir kering dan pecah-pecah
  4. Memperlambat penuaan pada kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah
  5. Pelembab wajah, dan lain-lain

Produk yang mengandung gliserin dikatakan lembut di kulit. Selain itu, mereka juga diyakini aman untuk digunakan pada kulit anak dan tidak menyebabkan iritasi apapun. Gliserin juga disebut humektan seperti yang dikenal untuk menarik kelembaban pada kulit. Selain itu, tidak hanya menyediakan tetapi memegang jumlah yang tepat kelembaban baik pada kulit kering dan berminyak.

Karena ketika Gliserin diterapkan, membentuk penutup pelindung terhadap kehilangan kelembaban. Gliserin dapat menjaga kadar air kulit dan elastisitas, dapat membantu dalam mengurangi munculnya keriput. Selanjutnya, dikatakan untuk mengembalikan kekenyalan kulit, karena melembabkan kulit dan membersihkan itu juga.Produk perawatan kulit yang mengandung gliserin termasuk pelembab, krim dan lotion, sabun, deodoran dan produk kecantikan, seperti maskara dan lipstik.

Gliserin juga ditemukan dalam krim cukur, karena tidak kering pada kulit dan memberikan efek menenangkan setelah bercukur. Penggunaannya dalam produk pembersih kecantikan juga telah meningkat berlipat ganda. Hal ini karena dapat dengan mudah melepas make-up, tapi masih lembut di kulit. Bahkan dapat digunakan untuk membuat sabun di rumah. Penggunaan rutin sabun ini dikatakan untuk membuat kulit lebih lembut dan kenyal.

Manfaat Gliserin untuk Kecantikan Rambut

  1. Gliserin membantu dengan menyediakan kelembaban pada kulit kepala, yang pada gilirannya diperlukan oleh rambut. Karena ini, rambut tidak akan menjadi kering dan akan ada sedikit kerusakan.
  2. Gliserin diketahui membantu banyak dalam menjaga keriting jauh dari rambut keriting. Ia bekerja sangat baik pada rambut keriting dan kering, karena menarik kelembaban dari udara ke batang rambut. Selanjutnya, penggunaannya pada rambut keriting kering memberikan terbentuk ikal. Jadi, tidak jarang untuk melihat orang yang menggunakan gliserin sebagai conditioner, setelah mencuci rambut mereka. Hal ini diyakini untuk bekerja lebih baik sebagai conditioner daripada kondisioner diterapkan setelah rambut dicuci.
  3. Penggunaannya biasa diyakini memberikan kulit kepala bebas gatal, terutama selama musim dingin.
  4. Gliserin juga diyakini untuk membantu dengan masalah ketombe dan pecah ujung rambut.

Poin Penting untuk Ingat :

  • Gliserin tidak boleh digunakan dalam keadaan murni pada kulit atau rambut. Ini dapat menyebabkan lecet pada kulit. Dalam kasus rambut, mungkin menghapus semua kelembaban dari bagian interior. Oleh karena itu, harus selalu digunakan dalam bentuk encer. Hal ini dapat diencerkan dengan air yang disaring. Bahkan air mawar dapat digunakan.
  • Hal lain yang perlu diingat adalah iklim. Artinya, penggunaannya dalam iklim yang sangat panas dan lembab dapat menyebabkan rambut kasar dan keriting. Hal ini terjadi karena gliserin akan menyerap banyak kelembaban dari rambut menyebabkan rambut membengkak, meningkatkan kutikula, yang pada gilirannya mengganggu pola keriting. Juga, dalam kondisi cuaca ekstrim kering, katanya untuk mencari kelembaban dari rambut menyebabkan ia mengalami dehidrasi. Hal ini akan menyebabkan kerusakan dan memecah rambut. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakannya mengingat kondisi cuaca, seperti kelembaban sedang.
  • Menerapkan banyak gliserin dapat memberi Anda merasa sangat lengket. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan terlalu banyak.

Cara Membuat Masker Gliserin

Ada berbagai macam produk kecantikan berbahan gliserin yang bisa anda pilih di pasaran, namun jika anda berniat meracik sendiri resep masker gliserin sebagai perawatan wajah, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama siapkan gliserin, madu, dan air secukupnya dengan takaran yang sama.
  • Campurkan semua bahan tadi sampai merata, setelah itu tambahka bubuk oatmeal hingga menjadi adonan kental.
  • Selanjutnya tinggal aplikasikan masker pada wajah, oleskan secara merata dan biarkan selama sekitar 30 menit.
  • Setelah menunggu 30 menit, silahkan bersihkan sisa masker dengan membasuh wajah menggunakan air hangat, lalu basuh wajah sekali lagi dengan air dingin agar pori-pori kembali mengencang.
  • Sebenarnya apa itu gliserin dan bagaimana efeknya? Gliserin sendiri merupakan senyawa yang disintesis atau dibuat dari beberapa minyak nabati.
  • Sering disebut juga dengan gliserol, merupakan komponen di hampir seluruh produk kecantikan dan kosmetik yang selama ini beredar luas. Gliserin sedikit berbeda dengan zat lainnya yang kadang memicu masalah iritasi pada sebagian jenis kulit tertentu. Senyawa ini sangat aman dan jarang ditemukan ada konsumen yang mengeluhkan tentang efek samping dari gliserin.
  • Untuk mengetahui lebih dalam tentang senyawa ini, berikut adalah beberapa manfaat dan pengaruh gliserin pada kulit seperti dikutip dari beberapa sumber.

Wooww ternyata banyak manfaat gliserin bagi kecantikan, terutama kecantikan kulit dan rambut. Untuk itu kita bisa memilih produk kecantikan dengan berbahan gliserin yaa tapi jangan kebanyakan dan ingat poin penting diatas.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply