Apa sebenarnya Manfaat SPF 30?

ireztia

Memiliki kulit cantik dan lembut adalah impian para perempuan. Salah satu cara mendapatkan kulit lembab dan tidak kering adalah mengoleskan lotion mengandung SPF pada tubuh Anda. Sayangnya, tidak semua perempuan rajin menggunakan body lotion dan masih banyak yang tidak mengerti jenis lotion serta cara menggunakannya.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yang merupakan ukuran seberapa baik suatu produk (sunscreen) dapat melindungi kulitmu dari sinar UVB (radiasi yang bisa menyebabkan sunburn dan menyebabkan kanker kulit). SPF sendiri biasanya memiliki angka labeling masing-masing, seperti SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan sebagainya.

Beragam jenis SPF dijual di pasaran, mulai dari SPF yang mengandung anti UV sebesar 20 ++ sampai 70 ++. Semakin besar kandungan SPF dalam sebuah pelembab maka strukturnya pun semakin lengket, pekat, dan sulit untuk diratakan agar mudah meresap ke dalam kulit Anda.

Kemudian, tingginya kandungan SPF berkaitan dengan berapa lama kandungan itu bisa melindungi kulit Anda. Contohnya, jika SPF 20 ++ berarti mereka bisa melindungi kulit selama 200 menit atau sekitar 3 jam. Maka dari itu, penggunaan SPF 20++ dirasa sudah mencukupi kebutuhan proteksi kulit perempuan Indonesia.

Semakin tinggi angka SPF maka makin lama juga untuk melindungi kulit Anda. Akan tetapi, jika SPF semakin tinggi maka akan semakin lengket dan lumayan susah menyerap ke kulit. Penggunaan SPF yang tinggi sebenarnya cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

Perbedaan dari angka pada label SPF

Kegunaan SPF sendiri adalah untuk melindungi kulit dari sinar UVB dan angka pada labeling SPF mengacu pada berapa lama sunscreen tersebut dapat melindungi kulitmu. Untuk ini, kamu bisa mengukur waktu tersebut dengan cara, mengalikan waktu sampai terkena sunburn dengan angka pada SPF nya.  Jadi, jika tanpa menggunakan SPF kulitmu terkena sunburn dalam kisaran waktu 10 menit saat terpapar matahari, maka dengan menggunakan SPF 15 kamu akan bisa terpapar matahari tanpa terkena sunburn dengan sekitaran waktu 150 menit atau 15 kali lebih lama.

Selain itu angka di belakang SPF tersebut juga membedakan seberapa besar sunscreen tersebut dapat melindungimu dari sinar UVB, walaupun satu sama lain sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh.

  • SPF 15 dapat menahan sampai 93% dari sinar UVB
  • SPF 30 dapat menahan sampai 97% dari sinar UVB
  • SPF 50 dapat menahan sampai 98% dari sinar UVB

Karena perbedaannya yang tidak terlalu signifikan, banyak ahli yang menyarankan untuk menggunakan SPF 15 atau SPF 30 dengan pemakaian yang sesuai. Biasanya kebanyakan dari kita hanya menggunakan suncreen secara tipis (sekitar ¼ atau ½ dari jumlah yang diperlukan), hal ini yang menyebabkan sunscreen tidak bekerja secara maksimal dalam melindungi kulit. Untuk terbaiknya, SPF sebaiknya digunakan sekitar 2mg/cm2 pada kulit atau sekitar satu ons untuk seluruh tubuh dan diaplikasikan secara berulang setiap 2 jam sekali.

Lalu, apa itu SPF – 30?

Angka 30 pada kode SPF merupakan suatu keterangan seberapa lama zat SPF tersebut mampu untuk bertahan memproteksi kulit kita dari sengatan matahari. Rumus mudahnya adalah, anda hanya tinggal mengalikan kode spf tersebut dengan angka 10 dalam satuan menit. Apabila ada kandungan SPF – 30, itu artinya, produk perawatan kulit yang digunakan sehari-hari mampu untuk memproteksi kulit anda dari sengatan sinar matahari selama 30 x 10 menit = 300 menit, atau kurang lebih 4 – 5 jam lamanya.

Berikut Fungsi SPF 30 bagi Kulit :

  1. Sebagai bahan utama dalam pembuatan krim kulit dan juga sunblock

Anda sering menggunakan krim untuk kulit ataupun sunblock? Apabila diperhatikan secara seksama, SPF 30 merupakan salah satu kandungan penting yang ada pada krim kulit dan sunblock. Sifatnya yang sangat baik untuk menolak panas, membuat SPF 30 sering dimanfaatkan sebagai pembuatan produk sunblock dan juga krim kulit.

  1. Menjaga kesehatan kulit

SPF 30 memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena biasanya manfaat SPF 30 diolah dan dibuat sebagai bentuk krim kesehatan kulit, yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk kulit. Dengan adanya kandungan ini, maka kesehatan kulit anda akan terjaga, dan kulit anda akan selalu cerah dan bersih setiap saat.

  1. Mengoptimalkan penyerapa nutrisi pada kulit

Selain mampu menjaga kesehatan kulit, krim yang mengandung SPF 30 juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit anda. Biasanya penyerapan nutrisi ini terdiri dari berbagai vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah penyerapan vitamin E.

  1. Menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet

Sesuai namanya, manfaat SPF 30 bagi kulit merupakan salah satu sun protection factor. Itu artinya adalah SPF 30 selama kurang lebih 300 menit mampu untuk memproteksi dan menjaga kulit anda dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari. Terutama pada waktu-waktu tertentu, antaa pukul 11 siang hingga pukul 14. Pada waktu seperti itu, matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, UV B, dan juga UV C

  1. Menjaga kelembaban kulit

Selain dapat memproteksi kulit dan juga megoptimalkan penyerapan nutrisi oleh kulit, SPF 30 juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan kemampuannya yang baik untuk menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet, maka krim yang mengandung SPF 30 dapat mencegah timbulnya kulit yang kering, yang tentu saja sangat mengganggu penampilan anda. SPF 30 akan membantu anda tetap untuk menjaga kelembaban kulit anda dengan baik dan terjaga, serta dapat juga menjaga kecerahan kulit anda.

  1. Mencegah terjadinya kulit terbakar

Salah satu efek buruk dari pancaran sinar matahari bagi kulit anda adalah dapat menyebabkan kulit menjadi gosong dan terbakar. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu penampilan anda, karena kulit terbakar akan menyebabkan kulit anda menjadi gosong dan menghitam. Manfaat SPF 30 untuk kulit dapat membantu anda mencegah terjadinya hal seperti ini.

  1. Mencegah terjadinya penyakit kulit karena sinar matahari

Selain dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari, SPF 30 juga dapat mencegah munculnya penyakit kulit yang disebabkan oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Salah satunya adalah penyakit kanker kulit.

  1. Mencegah kulit kering dan pecah-pecah

Bagi anda yang sensitive terhadap pancaran sinar ultraviolet dan juga sinar matahari, biasanya kulit anda akan berubah menjadi kering dan pecah-pecah. Salah satu ciri kulit yang mengering karena kurangnya proteksi terhadap sinar UV adalah kulit menjadi bersisik dan juga meninggalkan bekas putih ketika digaruk. Anda dapat mencegah terjadinya hal seperti ini dengan menggunakan krim yang mengandung SPF 30 secara rutin.

  1. Mencegah kemunculan iritasi kulit

Selain kulit kering dan pecah-pecah, pancaran sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari juga sering menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit anda. Hal ini biasanya terlihat dari kondisi kulit yang terdapat bintik-bintik atau ruam yang berwarna merah. Untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan proteksi dari krim yang mengandung SPF 30 terhadap kulit, maka dapat mengoleskan krim yang mengandung SPF 30 pada saat anda harus beraktivitas di luar ruangan pada jam-jam antara pukul 11 hingga 14 atau 15.

  1. Tips Memilih Tabir Surya

Agar Anda mendapat perlindungan maksimal, sebaiknya pilih tabir surya yang memiliki kandungan berikut ini:

  • Pilih tabir surya dengan kadar SPF 15 atau lebih. Kadar tersebut menunjukkan seberapa efektif tabir surya mencegah kulit Anda terbakar akibat sinar UVB. Contohnya jika kulit Anda akan terbakar dalam waktu 10 menit. Maka tabir surya SPF 15 bisa melindungi kulit Anda selama 150 menit sebelum terbakar dan akhirnya menjadi hitam. Bagi sebagian orang, memakai tabir surya SPF 15 sudah cukup. Kadar SPF yang lebih tinggi hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kulit sangat putih, terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat kanker kulit atau lupus. Terkadang orang-orang pada umumnya suka memilih tabir surya dengan kadar SPF yang setinggi-tingginya karena menganggap makin tinggi kadarnya, maka perlindungan yang mereka dapat akan lebih maksimal. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Misalnya dalam hal ini, membandingkan tabir surya SPF 15 dan SPF 30. Anda mungkin menganggap tabir surya SPF 30 memiliki manfaat ganda. Namun kenyataannya hanya bisa menangkal sinar UVB sebanyak 97 persen saja, empat persen lebih tinggi daripada SPF 15.
  • Pilih tabir surya yang melindungi Anda dari sinar UVB dan UVA atau perlindungan multi-spektrum. Kulit Anda bisa terlindungi dari kedua sinar tersebut dengan bahan-bahan seperti ecamsule, seng oksida, avobenzon, oksibenzon, titanium dioksida, salisilat, atau sulisobenzon. Pilih tabir surya yang setidaknya mengandung bahan-bahan tersebut.

D.        Bagaimana Cara Menggunakan Tabir Surya?

Tabir surya digunakan tiap kali Anda keluar rumah, terutama pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Cuaca tidak memberikan pengaruh. Gunakan baik pada kondisi cuaca sedang panas atau mendung. Saat mendung ternyata bahaya sinar UV masih bisa menembus awan. Agar tabir surya bekerja dengan sempurna, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Oleskan tabir surya 15 menit atau 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Oles sekitar 2 sendok makan tabir surya ke seluruh tubuh. Banyak orang yang tidak memakai tabir surya sesuai takaran yang pas sehingga membuat mereka kehilangan banyak manfaatnya. Jadi jangan pelit pada kulit Anda sendiri.
  • Perhatikan bagian-bagian tubuh yang tersembunyi. Pastikan tabir surya merata pada bagian kaki, belakang kaki, telinga, dan kepala (jika kepala Anda botak). Tidak hanya itu, gunakan pula lip balm yang dapat melindungi Anda dari sinar UV pada bibir.
  • Gunakan berulang-ulang. Anda harus mengoleskan kembali tabir surya tiap dua jam sekali. Gunakan lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang.
  • Sebelum melakukan cara-cara di atas, cek tanggal kedaluarsa tabir surya di kemasannya. Biasanya tabir surya aman digunakan hingga tiga tahun dari tanggal produksi. Selain itu, perhatikan juga tekstur dan aromanya. Jika sudah berubah, meski belum melewati masa kedaluarsa, lebih baik buang saja.

Kulit harus mendapat perlindungan yang cukup agar tidak rusak oleh sengatan matahari. Untuk itu kita memerlukan produk yang mengandung SPF salah satunya SPF 30 yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan. SPF 30 dirasa sudah cukup untuk melindungi kulit orang Indonesia.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

One Response to “Apa sebenarnya Manfaat SPF 30?”
Leave a Reply