Anak Anda Tidak Nafsu Makan? Cobalah Cara Efektif Ini…

ireztia

Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak

Salah satu tugas dari orang tua ialah menjamin bahwa anak-anaknya mendapat asupan gizi yang baik dan seimbang. Untuk mendapat gizi yang baik dan seimbang itu orang tua harus memperhatikan pola makan si kecil. Sering kali banyak anak kecil yang susah makan. Mereka mempunyai berjuta alasan untuk menolak makanan yang sebenarnya bermanfaat sekali bagi tubuh mereka.

Hal tersebut menjadi masalah yang sangat serius bagi orang tua. Bagaiamana mungkin orang tuan bisa tenang apabila anaknya tidak makan? Anak yang susah makan lebih rentan terkena penyakit. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menambah nafsu makan pada anak.

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami pada Anak

  1. Perbanyak Olahraga

Saat anak berolahraga atau menggerakan tubuhnya secara aktif, detak jantungnya akan meningkat. Hal ini membuat pembakaran kalori di dalam tubuh lebih optimal. Dengan demikian nafsu makan si anak biasanya juga akan ikut naik.

  1. Biasakan untuk tidak minum sebelum makan

Apabila si anak dibiasakan minum sebelum makan dia akan merasakan perutnya penuh dan begah ketika makan sehingga nafsu makannya pun turun.

  1. Banyak konsumsi jeruk/ vitamin c

Kandungan vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Mengonsumsi Vitamin B dan Zinc

Seseorang yang mengonsumsi vitamin B secara teratur ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan mengontrol suasana hati bagi seseorang yang sedang malas makan. Zinc juga dinilai memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B. Oleh karena itu apabila ada seseorang yang kekurangan zinc, nafsu makannya biasanya akan berkurang.

  1. Berikan variasi pada menu si kecil

Jangan terus-menerus memberi jenis makanan yang sama pada anak Anda. Mengubah menu makan setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan anak Anda.

 

  1. Kasih dia makan ketika sedang asyik bermain

Salah satu faktor penyebab nafsu makan bayi dan balita berkurang adalah mainan. Mungkin, si kecil sedang sibuk dengan mainan baru sehingga dia tidak mau makan. Oleh karena itu, Anda perlu mengalihkan perhatian si kecil atau mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit.

  1. Perlu kreatifitas untuk merias makanan

Anak kecil biasanya suka dan penasaran dengan yang berbentuk unik. Hiaslah makanan mereka seunik mungkin sehingga mereka merasa tertariik untuk memakannya.

Sumber : http://dedaunan.com/cara-menambah-nafsu-makan-pada-anak-secara-alami/

http://penambahnafsumakan.com/cara-menambah-nafsu-makan-bayi-dan-balita/

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply