Explore Menjangan Island – Diving – Snorkeling – Hoping Island at Tabuhan Island

ireztia

Saatnya mengeksplorasi Menjangan Island…

Kami berangkat dari homestay sekitar pukul 09.00.

 8

Pulau Menjangan terletak di Desa Sumber Klampok, Gerokgak, sekitar 55 km dari Kota Singaraja, Bali. Kata ‘menjangan’ sendiri dalam bahasa Jawa artinya ‘kijang’. Penamaaan pulau cantik ini berdasarkan pada keberadaan kawanan rusa liar atau kijang yang dapat dengan mudahnya kita temui. Bahkan para kijang tersebut sering berenang ke pulau itu menempuh jarak sejauh 1,2 mil setiap musim semi.

9

 

10

 

 

Kebetulan, kami ke Menjangan dari arah Banyuwangi setelah sebelumnya mengeksplore Taman Nasional Baluran. Menaiki speedboat selama 1 jam dari pelabuhan Banyuwangi, kami sampai di Pulau Menjangan.

11

 

Sebenarnya saya memang penasaran dengan keindahan bawah laut Menjangan yang digadang-gadang menjadi spot penyelaman terbaik di Bali. Dari atas laut, air Menjangan memang jernih dengan suhu sekitar 25 derajat celsius.

12

Tidak terlalu dingin sehingga kamu tidak memerlukan wet suit yang tebal.

DCIM100GOPROG0125637.

DCIM100GOPROGOPR5599.

Ternyata, Pulau Menjangan sendiri memiliki kontur dasar laut yang menakjubkan karena bawah laut yang awalnya dangkal bisa tiba-tiba menjadi curam (drop off). Nah di dinding-dinding yang curam itulah banyak terdapat berbagai terumbu karang yang berwarna-warni seperti Millephora sp dan Acrophola sp. Mirip kontur dasar laut di Wakatobi (wall diving).

WALL CORAL MENJANGAN

Visibility taman bawah laut Menjangan cukup baik dan penuh warna sekaligus kaya akan biota laut. Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang dan formasi batuan yang kompleks. Formasi batuan tersebut membentuk sejumlah goa-goa besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, Kerapu (dari Famili Serranidae, red.), dan juga Belut Moray (dari Famili Muraenidae, red).

DCIM100GOPROGOPR5468.

DCIM100GOPROGOPR5593.

DCIM100GOPROGOPR5622.

Saya menemukan banyak ikan hias yang berenang mengelilingi seolah ingin mengajak berenang bersama. Juga menjadi rumah bagi ribuan bintang laut dengan beragam warna.

 

.

 

DCIM100GOPROGOPR5536.

 

Sementara di goa-goa yang kecil, Kakap dan Batfish (dari FamiliOgcocephalidae, red.) banyak terlihat hilir mudik. Di dasar lautnya juga kaya akan Barrel Sponge (Xestospongia testudinaria, red.) dan Sea Fan (dari OrdoGorgonacea, red.) yang berukuran sangat besar. Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup bagi ikan Tuna, gerombolan Jackfish (dari Famili Carangidae, red.), Angelfish (dari Famili Pomacanthidae, red.), beragam jenis penyu, hingga hiu karang. Jika para penelusur beruntung maka akan dapat melihat penyu, lumba-lumba dan juga whale shark.

DCIM100GOPROGOPR5390.

 

DCIM100GOPROGOPR5393.

 

DCIM100GOPROGOPR5606.

 

DCIM100GOPROGOPR5755.

 

DCIM100GOPROGOPR5789.

Pulau Menjangan sendiri merupakan pulau yang tak berpenghuni, maka saat para penelusur kesana diharapkan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Diantaranya yaitu makanan dan minuman yang cukup, pakaian ganti, sunblock, obat – obatan pribadi, dan juga berbagai kebutuhan yang lainnya. Untuk alat snorkeling dan juga diving, para penelusur dapat menyewanya di resort terdekat sebelum menuju ke Pulau Menjangan.

Sebagai pulau tak berpenghuni, Pulau Menjangan tidak memiliki akomodasi berupa penginapan, restoran, toko, dan lainnya. Untuk kebutuhan akomodasi tersedia di pulau-pulau terdekat di sekitar kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) atau di sekitar Pemuteran.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

One Response to “Explore Menjangan Island – Diving – Snorkeling – Hoping Island at Tabuhan Island”
  1. ig

    I like the helpful info you supply to your articles.
    I will bookmark your weblog and check once more right here frequently.
    I’m quite sure I’ll learn many new stuff proper right here!
    Best of luck for the following!

    Reply
Leave a Reply