Prototype Surga Ada di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

ireztia

Always…

Traveling (dadakan) lagi.

Setelah mengeluh jenuh dan stress karena kerjaan, suami nawarin untuk liburan ke Bali. Karena udah beberapa kali kesana, gue nyari tempat yang belum pernah gue datengi. Dan akhirnya pilihan jatuh ke Tri Nusa di Bali, yaitu Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan. Dan sumpah, pilihan gue kali ini tepat banget karena tempatnya ternyata surgawi sekaliii….

lembongan-island-map

 

Ga punya waktu banyak mengingat gue booking tiket pesawat dan hotel kurang dari seminggu sebelum keberangkatan. Memilih flight paling pagi ke Denpasar via Garuda, gue sampe di Ngurah Rai jam setengah 10. Dijemput sobat suami yang kebetulan bekerja di Angkasa Pura, kita diantar ke dermaga Sanur untuk naik speed boat ke Nusa Lembongan.

Di dermaga, ada 2 pilihan di Nusa Lembongan yaitu Jukung Bay dan Mushroon Bay. Tarif wisatawan domestik ke Nusa Lembongan IDR 100k/person, dan kita berlabuh di Mushroom Bay dikarenakan tempat kita menginap (Laguna Reef and Bar) berada di area tersebut. Lama perjalanan hanya 45 menit, speedboatnya pun nyaman sekali untuk ukuran public boat.

IMG_20160215_200427

Jam 1 siang kita sampai di Mushroom Bay dan langsung menyewa sepeda motor yang banyak ditawarkan di dekat dermaga. Tarifnya 150rb / 2 malam, sudah full tank bensin. Yang unik, disini tingkat kejahatan kayanya minim sekali karena motor dapat disewa tanpa jaminan apapun, bahkan elo taro motor di area Nusa manapun trus ditinggalin berbulan-bulan dengan kunci motor menempel disana, Insya Allah itu motor ga akan berubah posisi saking amannya tingkat maling motor disana, xixixixi….

Dengan bantuan Google Map, kita dengan mudah menemukan tempat kita menginap selama 2 malam di Nusa Lembongan. Namanya Laguna Reef and Hut.

Ternyata resortnya enak sekaleeeeeee, ada kolam renang infinity yang langsung view ke pantai. Aihhhh…

Laguna Reef and Hut

 

Laguna Reef and Hut

 

Laguna Reef and Hut

View dari balkon resort kamar kita

 

Laguna Reef and Hut

 

Udah gitu ternyata kita dikasih kamar tepat depan kolam renang. Jadi dari tempat tidur pun, kita udah bisa ngeliat pantai. Asik banget !!!

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=SEzPBKKgoG0&w=560&h=315]

Sempat tergoda untuk bermalas-malasan di kamar, kita sadar kalau waktu kita ga banyak di Lembongan. Berbekal peta yang diberi pihak resort, jam 3 sore kita mulai menjelajah Nusa.

 

 

Tujuan kita sore itu adalah Blue Lagoon dan Cliff Jump di Nusa Ceningan.Blue Lagoon Nusa Ceningan

Kita harus melewati Yellow Bridge (yang kebetulan dekat dengan resort kita) untuk mencapai Nusa Ceningan, pulau kecil namun berjuta keindahan. Tsahhh…

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=wtv25u1z2-I&w=560&h=315]

Sore itu matahari terik sekali, membuat warna Blue Lagoon benar-benar cantik tanpa harus diedit. Gue yang pertama kalinya melihat laguna sebiru itu, dengan tebing karang tinggi yang menambah efek dramatis, langsung loncat-loncat kegirangan ngeliat view yang luar biasa cantik.

 

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=TuceX0U9XWM&w=560&h=315]

 

 

Dari sudut manapun, Blue Lagoon ini sangat photoable sekali.

Blue Lagoon Nusa Ceningan

 

Blue Lagoon Nusa Ceningan

Kemudian dari situ kita menuju Cliff Jump dan menikmati para nyali besar untuk terjun bebas ke lautan sementara kita ngopi-ngopi cantik. Dari situ keliatan Dream Beach, bahkan panorama deburan ombak yang epik di Nusa Lembongan pun terlihat dari sini.

Mahana Cliff Jump Ceningan

 

“Aa pengen ke tebing berombak itu, neng…”

Dan itulah yang dinamakan Devil Tear, dimana tujuan kita selanjutnya adalah disana….

Devil Tear Nusa Lembongan

 

Devil Tear Nusa Lembongan

 

Devil Tear Nusa Lembongan

Devil Tear merupakan gugusan karang tinggi yang memiliki ceruk sehingga ketika ombak besar datang, deburannya dapat memecah karang sehingga berbuih ke angkasa. Kita bisa betah menunggu berjam-jam hanya untuk mengabadikan moment epik yang tidak semua tempat bisa kita temui. Dan spesialnya lagi, sinar matahari membuat deburan tersebut memancarkan pelangi yang indah.

 

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QDBVwQLc444&w=560&h=315]

 

Tak terasa sudah jam 6 sore, kami menuju Sandy Beach yang tak jauh dari situ untuk berburu sunset. Always…

 

 

Sunset di Sandy Beach

 

Sunset at Sandy Beach

====

Esoknya, kami menghabiskan waktu untuk bersnorkeling. Karena hanya berdua saja, kami menyewa private sampan (not boat okay!) yang dinamakan Jukung. Tarifnya 400rb, kapal tersebut membawa kami ke tiga spot berbeda yaitu Crystal Bay, Gamat Bay, dan Mangroove Point.

Mushroom Bay nusa Lembongan

Crystal Bay dan Gamat Bay berada di timur Nusa Ceningan, yang sebenarnya merupakan daerah Nusa Penida. Sementara Mangroove Bay berada di utara Nusa Lembongan.

IMG_20160215_210326

 

Snorkeling Nusa Penida

Sial, entah kenapa di spot pertama ombak sangat besar. Gue yang kemampuan renangnya pas-pasan abis-abisan diombang-ambing saat snorkeling yang menyebabkan gue mabok laut. Payah !!!

Di spot kedua gue absen snorkeling, huhuu… yang menurut aa ikan-ikan disana gede-gedeeee. Kesel banget.

IMG_20160215_202024

Akhirnya setelah membaik, gue nyelup di spot ketiga. Ihhhh, ikannya luar biasa banyak !!! Sayang, beberapa terumbu karang patah dan rusak, meski tidak mengurangi banyaknya ikan disana tetapi tetap aja bikin sedih…

Selesai snorkeling, gue balik ke resort dan berenang cantik di depan pantai.

mtf_eqdAU_204.jpg[1]

 

Tapi gak lama, karena aa mulai lapar dan ngajak nyari makan di tempat yang asik. Akhirnya pilihan kami jatuh di La Pirate di Nusa Ceningan.

Bahhh, gaya aja makan doang mesti nyebrang pulau…

La Pirate Nusa Ceningan La Pirate Nusa Ceningan

Pulangnya, kita ga langsung balik ke resort, tapi sengaja berbelok ke arah utara, melewati hutan mangroove dan pantai Jukung Bay yang ternyata enak banget buat diajak main air kemudian menghabiskan sunset di puncak Lembongan depan restoran Panorama.

======

Hari ketiga…

IMG20160216081836

Sarapan terakhir di Lembongan,…

Kita bersiap untuk bertolak dari Nusa Lembongan ke Nusa Penida. Sesuai perjanjian, motor sewaan hanya kami taruh di dekat Yellow Bridge dengan kunci menempel di motor. Pemiliknya? Entah kemana. Gaib emang.

Dari Yellow Bridge kita menyewa Jukung (lagi) secara private dengan tarif 150rb menuju Nusa Penida.

IMG20160216110554 IMG20160216110948

Cerita tentang Nusa Penida dan indahnya Broken Beach – Angels Billabong, klik DISINI

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply