Tips dan Trik Menjaga Keindahan Kuku

ireztia

Tips dan Trik Menjaga Keindahan Kuku

Kuku merupakan sesuatu hal yang tidak bisa disepelekan keindahannya, apalagi untuk wanita. Perawatan kuku tangan maupun kaki sebenarnya sama pentingnya dengan merawat wajah atau perawatan rambut. Perawatan kuku bagi setiap orang merupakan sesuatu yang sangat diperhatikan dan merupakan organ tubuh yang sangat bermanfaat. Banyak orang yang rela membayar mahal hanya untuk menjadikan kuku terlihat indah dan mengkilat.

kuku tangan

Kuku merupakan tulang yang tumbuh diujung jari dengan ukuran yang tipis dan sedikit lebar menyesuaikan ukuran jari – jari itu sendiri. Kuku memiliki fungsi sebagai pelindung ujung jari manusia agar tidak mudah terluka, dimana ujung jari merupakan tempat bagi kumpulan syaraf penting bagi tubuh. Bagian kulit yang berada dibawah kuku mengandung pembuluh kapiler yang aktif sebagai penerima suplai darah dari tubuh. Suplai darah inilah yang kemudian membuat warna kuku menjadi tampak kemerahan.

Pertumbuhan kuku termasuk cepat dibandingkan jenis tulang lain yang berada di tubuh manusia. Dalam jangka waktu satu minggu saja, kuku manusia dapat tumbuh hingga 0,5 sampai 1,5 mm bergantung pada suhu tubuh.

Hal  yang   bisa dijadikan untuk menjaga keindahan kuku :

  1. Gunakan Belimbing Wuluh.

Buah yang rasanya asam ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kuku secara tradisional. Belimbing wuluh merupakan buah yang mengandung banyak air dan vitamin yang dapat membuat kuku semakin kuat dan tidak lembek. Caranya adalah dengan memotong belimbing wuluh kemudian menggosok – gosokkannya ke seluruh bagian kuku agar kotoran juga dapat terangkat. Setelah selesai, bersihkan sisa air belimbing wuluh menggunakan air bersih seperti mencuci tangan. Cara merawat kuku dengan belimbing wuluh ini dapat anda terapkan setiap hari sebelum tidur malam.

  1. Cukupi Kebutuhan Air.

Air putih merupakan sumber alam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia tak terkecuali kesehatan kuku. Didalam air, terkandung mineral yang berfungsi untuk menyuplai air dalam kuku agar tidak mengering. Air juga terbukti dapat memperkuat dan membuatnya semakin mengkilap.

  1. Makanan Tinggi Kalsium.

Cara merawat kuku yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium memang terkenal sebagai penguat tulang pada tubuh. Karena itulah, untuk memperkuat sekaligus menambah kecantikan kuku, anda disarankan meminum minuman berkalsium seperti susu sapi atau susu kedelai. Makanan seperti kacang – kacangan,buah alpukat dan buah durian juga disarankan karena buah – buah tersebut mengandung kalsium yang tinggi.

  1. Memanfaatkan Lidah Buaya.

Cara yang keempat adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Selain bermanfaat untuk memperlebat rambut, ternyata lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan yang dapat membuat kuku semakin kuat sekaligus mengkilap. Caranyapun sangat sederhana, anda hanya membersihkan kulit lidah buaya kemudian mengoleskan getahnya diatas kuku dan biarkan selama beberapa saat. setelah sekiranya sudah sedikit mengering, anda bisa membilasnya menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus rutin melakukan treatment ini setiap hari sebelum tidur.

  1. Lemon atau Jeruk Nipis

Untuk cara yang kelima ini, sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki kuku berwarna kekuningan. Bahan yang digunakan adalah jeruk lemon atau jeruk nipis dan pasta gigi. Pasta gigi yang dimaksud adalah pasta gigi yang mampu memberikan warna putih pada gigi. Caranya, ambil air jeruk lemon dengan cara memerasnya. Kemudian campurkan dengan pasta gigi lalu oleskan ke seluruh kuku anda. jika sudah kering, anda dapat membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Bawang putih

Sejak dulu kala, bawang putih sangat terkenal manfaatnya untuk melumasi kuku agar tampil cantik alami. Hal ini dikarenakan, bawang putih mengandung zat alami untuk melumasi dan sekaligus menguatkan kuku. Anda bisa mengoleskan parutan bawang putih atau beberapa siung bawang putih yang telah dihaluskan ke atas kuku tangan Anda. Jangan kuatir dengan bau anyir dari bawang putih. Anda bisa menghilangkan bau anyir ini seketika dengan mencuci tangan dengan sabun mandi.

  1. Gunakan masker kuku alami

Anda bisa mengaplikasikan masker kuku sebagai cara alami melakukan manicure sendiri di rumah. Masker kuku alami dapat dibuat dari campuran madu, telur dan minyak zaitun. Masker kuku ini akan secara alami menutrisi kuku tangan, melembabkan dan melembutkan kuku Anda. Jika Anda mengalami masalah kuku kering sehingga rapuh dan mudah patah, Anda bisa sering mengaplikasikan metode ini. Dengan menyiapkan dua sendok madu dicampur minyak zaitun secukupnya kemudian dipanaskan dan dicampur dengan kocokan telur. Setelah suhu bahan tersebut menjadi hangat, oleskan secara merata tunggu hingga 15 menit dan bersihkan kuku Anda secara menyeluruh.

  1. Potong kuku

Ada baiknya jika Anda memotong kuku agar kuku tidak terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang selain mengganggu aktifitas juga rawan patah. Selain itu, resiko rusak dan tidak rapinya kuku dapat lebih besar jika kuku terlalu panjang.

  1. Rendam di minyak zaitun

Anda bisa meredam kuku tangan sebanyak seminggu sekali untuk lebih melenturkan kuku agar tidak mudah patah. Kelembaban alami kuku tangan juga akan lebih terjaga dengan cara ini. Selain itu, kuku tangan dapat tampil mengkilat cantik alami dengan bantuan minyak zaitun.

Itulah tips praktis merawat jari dan kuku tangan agar selalu cantik. Selain tips di atas, pastikan bahwa Kamu juga memiliki pola makan yang sehat, minum air putih cukup, memperlakukan jari dan kuku dengan baik serta menghindari kafein, nikotin serta heroin. Semoga bermanfaat. 🙂

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply