MEMBUAT RAMBUT IKAL ATAU KERITING DENGAN ALAMI

ireztia

Model atau bentuk rambut memang terbukti mengalami kejayaan dimasing-masing masanya. Jika dulu rambut lurus lepek seperti rambut rebonding begitu berjaya di era tahun 90-an, rupanya kini tahun rambut ikal bervolume menjadi trend rambut yang begitu populer ditahun ini. Rambut ikal dan keriting sianggap sebagai gaya rambut yang anggun, mewah dan elegan, yang banyak disukai dan diidamkan oleh hampir sebagian besar wanita.

Bersyukurlah para wanita yang sudah diberkahi dengan model rambut keriting dan ikal secara alami, sementara yang lainnya masih mati-matian berusaha mendapatkan model rambut seperti ini dengan berbagai cara. Itulah mengapa, bagi mereka yang memiliki rambut yang lurus secara alami atau yang sebelumya telah menempuh pelurusan rambut tiba-tiba menginginkan rambut mereka dengan model keriting atau ikal, sehingga berbagai cara mereka tempuh demi mendapatkan model rambut yang sudah diimpi-impikan.

Sampai-sampai tak sedikit wanita yang bersedia mengeluarkan kocek yang luar biasa hanya untuk memiliki rambut ikal dan keriting. Perawatan yang ditempuh pun beragam, mulai dari mengeriting dirumah dengan menggunakan mesin pengeriting rambut hingga mengunjungi salon kecantikan untuk menata model rambutnya.

keriting 2
Hanya saja, tahukah anda penggunaan mesin pengeriting rambut sebenarnya tidak diperkenankan untuk digunakan terlalu intens, sebab hal ini akan membuat rambut kehilangan kelembabannya dan membuat rambut menjadi kering, hasilnya rambut yang rapuh dan patah-patah tidak lagi dapat dihindari.

Sementara itu, jika anda menggunakan jasa salon kecantikan, tentunya ada budget atau biaya yang tidak sedikit yang harus anda persiapkan. Namun demikian bukan berarti anda tidak dapat mengeriting rambut sendiri dengan cara yang lebih aman yakni dengan menggunakan bahan alami. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengeriting rambut :

1. Alpukat

Daging buah alpukat yang kaya akan protein tidak hanya sehat untuk tubuh saja, namun juga bagus untuk mendapatkan rambut yang keriting secara alami. Cara menggunakannya, ambil daging buah alpukat dari 1 buah alpukat segar, kemudian berikan campuran minyak zaitun dan aduk-aduk hingga merata, kemudian oleskan pada rambut secara merata lalu tutupi rambut menggunakan handuk atau shower cap selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu bilas dan bersihkan rambut.

2. Minyak Zaitun

Caranya oleskan minyak zaitun ke batang rambut hingga ujung rambut secara merata, kemudian pijat-pijat secara lembut dan perlahan. Setelahnya, ambil handuk hangat kemudian gunakan untuk menutupi rambut yang telah diolesi minyak zaitun, diamkan selama satu jam dan barulah bilas.

3. Madu

Madu bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengeriting rambut. Caranya, campurkan madu dengan minyak zaitun dengan perbandingan 3:1 kemudian aduk dan oleskan ke kepala dan rambut secara merata, tutupi rambut menggunakan handuk hangat diamkan selama satu jam dan barulah bilas hingga bersih.

Itulah dia beberapa cara alami bilamana anda menginginkan rambut keriting. Terbukti dengan menggunakan bahan alami anda tetap dapat memiliki rambut keritiing yang indah.

mengeriting rambut dengan alpukat

keriting dibekep handuk

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, kita juga dapat mendapatkan rambut ikal dengan melakukan cara dibawah ini :

1. Gunakan Roll Rambut atau Sedotan

Roll rambut sudah sejak lama digunakan sebagai media untuk menghasilkan rambut yang ikal dan keriting. Tanpa suhu panas dan obat-obatan yang dapat merusak rambut, dengan roll rambut, rambut keriting bisa anda dapatkan secara alami. Roll rambut bisa dengan mudah anda dapatkan ditoko kecantikan, apalagi saat ini sudah banyak dijual roll rambut yang tidak merepotkan dibawa kemana-mana. Roll ini bisa anda kenakan untuk mendapatkan rambut keriting dan ikal secara alami. Bila tidak memiliki roll, kita dapat menggantinya dengan sedotan. Lebih murah meriah.

keriting dgn roll

keriting rambut dengan sedotan

2. Gunakan Headbands atau Pita

Cara ini bisa anda lakukan untuk mendapatkan rambut ikal hanya saja penggunaan headbands ini memerlukan waktu yang cukup lama, untuk itu sebaiknya gunakan headbands semalaman dan esok harinya rambut ikal akan bisa anda dapatkan. Cara menggunakan headbands bisa anda lakukan dengan menggunakan headbands dibagian kening, bagi menjadi beberapa bagian rambut kemudian pelintir dengan gelombang yang anda inginkan kemudian selipkan bagian ujungnya pada headbands, menggunakan bobby pin, diamkan semalaman. Selain menggunakan headbands kita juga dapat menggunakan pita. Gunakan pita secukupnya dan lilitkan rambut pada pita-pita tersebut dan diamkan semalaman.

keriting dgn headband

keriting dengan pita

3. Menyanggul atau Mengepang Rambut

Menyanggul rambut adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh para wanita. Selain untuk mengurangi kegerahan sementara waktu, hal ini juga bisa membuat ikal secara alami dengan lebih indah. Gunakan tekhnik menyanggul yang bisa menjaga bentuk rambut anda.

Sebab beberapa rambut akan menjadi ikal tidak beraturan dan membuatnya menjadi kurang indah bila sembarangan menggunakan tekhnik yang salah. Selain dengan menyanggul, dengan mengepang juga dapat membuat rambut ikal alami. Cukup kepang rambut sesuai kebutuhan, lalu diamkan semalaman. Lepas kepangan saat pagi dan sisir halus dengan jari-jari. Rambut ikal alami pun siap menemani hari Anda.

keriting dgn kepang

Untuk mendapatkan rambut ikal dan keriting cukup mudah bukan? sebab dengan bahan alami atau alat yang mudah anda bisa mendapatkannya. Ekonomis lagi. Selamat mencoba ! 🙂

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply