BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK

ireztia

Apa itu merkuri dan bagaimana bahayanya?

Merkuri adalah cairan logam perak atau disebut air raksa (Hydrargyrum ). Logam ini adalah logam yang ada secara alami,satu-satunya logam pada suhu kamar (25°C) berwujud cair. Di dalam tabel periodik merkuri (Hg) dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59.

Merkuri merupakan unsur transisi dalam susunan tabel periodik unsur, di mana merkuri ada pada golongan II B dan periode 6. Logam murninya keperakan,cairan, tak berbau, dan mengkilap. Bila dipanaskan pada suhu 3570C akan menguap. Merkuri banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.

Cara kerja merkuri adalah dengan mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi sehingga kulit mencerah atau lebih putih. Tujuan penggunaannya merkuri ini adalah agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, tetapi jika terus menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen.

Pemakaian merkuri secara terus menerus itu memang awalnya menjadikan kulit mulus, namun kemudian merkuri itu mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun baru kulit tersebut akan rusak, akan biru kehitaman bahkan dapat memicu timbulnya kanker.

Merkuri juga dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul), Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).

Merkuri dan turunannya disebut sebagai bahan pencemar paling berbahaya diantara berbagai macam logam berat yang ada. Semua senyawa Hg bersifat toksik untuk makhluk hidup bila memajan makhluk hidup dalam jumlah yang cukup dan dalam waktu yang lama. Senyawa Hg akan tersimpan dan terakumulasi secara permanen di dalam tubuh, yaitu terjadi inhibisi enzym dan kerusakan sel sehingga kerusakan tubuh dapat terjadi secara permanen (WHO, 1976)

akibat merkuri 1

akibat merkuri 2

Bagaimana ciri-ciri kosmetik bermerkuri ?

Untuk mengetahui kandungan merkuri dalam kosmetik dapat dilakukan dengan cara tes lab. Namun hal tersebut memakan waktu dan biaya. Sebagai konsumen, kita tidak perlu khawatir. Kita dapat mengetahui keberadaan kandungan merkuri dalam kosmetik dengan mengetahui cirri-ciri produk bermerkuri.

Ciri-ciri krim dengan merkuri adalah sbb :

  1. Krim Pada umumnyalengket.

Sebagian lagi ada yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar tampak lebih encer.

  1. Krim pada umumnya tidak HOMOGEN (tidak menyatu & kasar),bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.
  2. Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakanparfum menyengatutk menghilangkan bau logam merkuri tsb.
  3. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna utk kosmetik,umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil (cap kupu-kupu) warna kuning dan warna krim putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara)
  4. Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal.
  5. Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
  6. Warna Putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat
  7. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat(kurang 1 minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih)
  1. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal inidisebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi utk melindungi radiasi paparan matahar juga sdh tdk berfungsi, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun.

Jerawat dalam keadaan normal adalah berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah, bila anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur protein kulitnya telah berubah & menjadi rusak.

  1. Pori-pori tampak mengecil & halus, inisebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis & tergerus oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil & halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sdh tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terakar disertai rasa gatal.
  2. Bila anda telah tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal.
  3. Bila pemakaian dihentikan akan bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah
  4. Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman
  5. untuk lebih lanjutnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh & menyebabkan kematian.
  6. Dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan cacat & kematian pada JANIN.

Krim merkuri juga dapat diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh, dengan gejala sbb :

  1. Pusing,
  2. Di orientasi ruang,
  3. Mual-mual,
  4. Tremor (gemetar),
  5. Susah Tidur,
  6. Gangguan Penglihatan,
  7. Gangguan Emosi,
  8. Depresi.
  9. Serta Lupa (pikun)

Kulit yang cantik memang dambaan setiap wanita, begitu juga pria. Namun, jangan lupakan aspek yang lebih penting, yaitu kesehatan. Gunakanlah produk yang aman bagi kulit Anda. Nutrisi kulit yang aman akan menciptakan kulit yang cantik dan sehat. Gunakanlah produk dengan bahan-bahan alami untuk kulit anda.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply