TRAVELING : PANTAI-PANTAI EKSOTIS DI LOMBOK SELATAN

ireztia

Sebelum baca yang ini, ada baiknya baca dulu artikel ini (biar nyambung ceritanya) :

1. TRAVELING DADAKAN : BANDUNG-GILI TRAWANGAN-LOMBOK-BALI

2. TRAVELING : PANDUAN MENUJU GILI TRAWANGAN

3. TRAVELING : SNORKLING DI GILI TRAWANGAN, SURGA DUNIA DI TANAH LOMBOK

4. TRAVELING GILI TRAWANGAN : BERSEPEDA KELILING PULAU, TEMUKAN KEUNIKAN PANTAI YANG CANTIK

Hari ke 5 : 12 Desember 2013

Hari ini kita rencananya mau ke selatan Lombok. Disana banyak yang pengen dikunjungi sehingga kita berangkat dari hotel jam 8 pagi. Biaya sewa mobil 500.000 udah include supir dan bensin sampai jam 6 malam.

Dari Senggigi kita berhenti dulu di daerah Mataram. Mampir sebentar buat beli oleh-oleh makanan. Trus karena godaan setan, gue ngeyel minta dibeliin aa mutiara Lombok warna abu metalik yang eksotis banget. Halah… tp setelah itu rada menyesal karena sampe sekarang tu mutiara blm gue apa-apain buat dijadiin apa gitu. Hehehe…

Abis belanja mutiara, gue ke tempat pembuatan gerabah. Gue lupa nama daerahnya, tapi lokasinya deketan sama Desa Sade. Dari situ gue ke tempat penenunan songket. Tergoda lagi kedua kalinya untuk beli kain songket yang muahal dan diperparah sampai sekarang tu bahan belom diapa-apain.

Sekitar jam 1, kita mulai ke arah selatan. Di bagian selatan Lombok emang banyak pantai-pantai yang wajib dikunjungi. Tapi berhubung waktu yang terbatas, ga semua pantai bisa gue datengi. Cuma 4 pantai yang bisa didatengi, yaitu Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Kuta, dan Pantai Tanjung Aan.

lombokpeta

Tujuan pertama di Selatan adalah Pantai Selong Belanak. Di daerah sini susah sinyal. XL ga dapet sama sekali, telkomsel ayep-ayep. Bikin stress bagi gue yang kerjanya di dunia online dan ga bisa lepas dr yang namanya sinyal handphone.

Pantai ini dikelilingi perbukitan yang membingkai sempurna. Panas terik memang, tapi terbayar dengan keindahan alamnya. Ga kalah sama pantai di Thailand, bukan ?! 🙂

Setelah puas mengabadikan gambar, kita lanjutkan perjalanan menuju pantai Mawun yang katanya seperti pantai Phi-Phi di Thailand. Perjalanan sekitar 30 menit, dan lagi-lagi susah sinyal. Cuaca pun kurang mendukung, awan gelap mulai membayang. So sad… 🙁

Setelah sampai di pantai Mawun, kita makan siang dulu. Baru lanjut foto-foto.

Sayang seribu sayang karena langit mendung, warna air lautnya ga sebagus biasanya. 🙁 Tapi tetep kece ternyata.

Mendung, tapi tetep kece kan :)

Mendung, tapi tetep kece kan 🙂

Suasana di Mawun saat mendung

Disini karakteristik pantainya beda banget. Pantai Mawun airnya langsung dalem kaya kolam renang raksasa. Beda sama di Gili Trawangan. Jadi 3 meter dr bibir pantai aja udah seleher orang dewasa (lihat di foto ada orang berenang). Tapi ombaknya ga gede jadinya aman.

Sayang banget pas datang kesana cuaca mendung sangat. Sama sekali ga dapet indahnya pantai Mawun. Gue dapet foto dr temen yang dateng pas musim panas kesana dan jauh beda banget warna pantainya. Unlucky 🙁

Indahnya Mawun di kala cerah

Dari situ kita lanjut ke pantai Kuta Lombok yang katanya pasirnya segede merica. Di Kuta ini langit bener-bener gelap. Hadah… agak bete juga. Padahal Kuta, Lombok ini yang gue harep bisa dapet gambar bagus. Cedih…

Dark shadow yang bergulung sebelum hujan malah bikin pemandangan makin eksotis

Dark shadow di Kuta Lombok yang bergulung sebelum hujan malah bikin pemandangan makin eksotis

Karena gelap dan mulai ujan, gue sama aa milih cabut dari Kuta dan menuju pantai terakhir kita sore itu, yaitu Pantai Tanjung Aan. Beruntungnya, selama perjalanan langit mulai sedikit lebih cerah sehingga suasana pantainya saat kita sampai ga sesuram ketika di Kuta, Lombok.

Suasana di Tanjung Aan sedikit lebih cerah sehingga warna gradasi pantainya lebih terlihat.

Di Tanjung Aan, banyak yang jual songket. Kalau ga kuat-kuat iman ngedenger ocehan mereka yang memelas cenderung memaksa, elo pasti beli tu songket-songketnya dari mulai harga pembuka 100rb jadi 40 rebu. Jadi mesti pinter nawar biar dapet murah disana.

Oiya, ada cerita sedih disini. Lombok kan kebanyakan muslim. Anjing menjadi hal yang najis untuk kaum muslim. Cuma kan mereka tetap makhluk Allah ya. Gue ngeliat disini banyak sekali anjing liar di pantai yang kakinya penuh luka. Seperti bekas jeratan sehingga banyak yang pincang. Sedih deh liatnya 🙁

Finallu, menjelang magrib, kita udah dianterin ke bandara di Praya. Jadwal pesawat kita jam setengah 10 malem dengan rute Mataram-Denpasar. Lumayan lama leyeh-leyeh disana sambil makan malam di Solaria.

Ternyata, pesawat yang bakal kita tumpangi dikabarkan  delay 1 jam. Kita udah ngantuk banget nunggu di lounge. Alhamdulillah, tepat jam setengah 11, pesawat yang rencananya akan membawa gue dan suami ke Denpasar dateng juga. Tapi sayang, justru disitulah tragedi bermula… Tragedi Senggigi kalau boleh gua kasih nama.

Penasaran tragedi apa yang gue maksud? Yuk kita intip ceritanya di bagian selanjutnya 🙂

1.     TRAVELING : FIRASAT BURUK, TRAGEDI SENGGIGI
  2.      TRAVELING : MARINA SAFARI PARK, KEBUN BINATANG ALAM DI BALI
  3.      TRAVELING : BALI TAK SEINDAH DULU, TAK LAGI SEMENARIK CERITA
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

5 thoughts on “TRAVELING : PANTAI-PANTAI EKSOTIS DI LOMBOK SELATAN”
  1. Catatan perjalanannya bagus banget, apalagi foto2nya keren. Terima kasih dah berkunjung ke Lombok.
    Yuuk temen2 yang berencana berkunjung ke Lombok, bisa menggunakan jasa kami. Kami sediakan paket murah tour Lombok. Silakan tanya-tanya via: