Kelopak Bunga Rosella, Seribu Khasiat Untuk Kesehatan

ireztia

Pernahkan anda merasa bahwa pada saat usia Anda beranjak lebih lanjut dan kondisi Anda akan tetap sebugar masa muda ? Tentu tidak akan demikian kenyataannya. Untuk itu menjaga pola kesehatan seperti menjaga pola makan, pola hidup sehat serta berolahraga secukupnya sangat diperlukan.

Berbagai penyakit yang biasanya menyerang manusia pada saat usia lanjut adalah penyakit osteoporosis (tulang keropos) atau penuaan dini, yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang dewasa kini. Untuk itu sebagian pakar kesehatan sangat menyarankan untuk memiliki tabungan kalsium dan vitamin C dalam tubuh dengan kadar yang tepat dan seimbang.

Namun selain itu juga terdapat beberapa alternative untuk menjaga kesehatan agar tetap fit saat usia lanjut. Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman herbal teh yang berasal dari bunga Rosella.

Tanaman Rosella ( Hibiscus sabdariffa) yang dulu hanya ditanam sebagai penghasil serat dan mulai ditinggalkan, kini kembali populer sejak diketahui banyak manfaat lain yang lebih hebat. Dalam pengolahannya, kelopak bunga Rosella bisa dibuat sari buah, teh herbal, sirup, selai, campuran salad, pudding, asinan, dan aneka minuman segar. Sebagai obat tradisional, Rosella berkhasiat sebagai antiseptic, aprodisiak, pelarut, sedative dan tonik.

Tanaman Rosella memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Bunga yang berasal dari India dan Afrika ini mempunyai banyak kelebihan yaitu mengandung kalsium, vitamin C, D, B1, B2, Magnesium, Omega-3, beta-caroten, dan 18 asam amino essensial untuk tubuh, diantaranya lysine dan agrinine. Kandungan vitamin C yang ada pada bunga Rosella 3x lipat dari anggur hitam, 9x lipat dari jeruk citrus dan 10x lipat dari buah belimbing.

Agak berbeda dengan minuman teh yang lain, teh Rosella ini memiliki rasa yang lebih menyerupai rasa sirup yang segar, terlebih jika ditambah gula atau madu. Diharapkan kehadiran teh Rosella ini bisa memberika sajian yang tidak hanya nikmat, tetapi juga menyehatkan serta meningkatkan stamina. Bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin sehingga sangat cocok sebagai sajian sehat istimewa keluarga anda.

Beberapa khasiat teh Rosella :
1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, batuk, panas dalam, ambien.
2. Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal.
3. Menurunkan kadar gula dalam darah/diabetes
4. Menurunkan asam urat.
5. Mencegah kanker
6. Menambah vitalitas dan kesehatan jantung.
7. Meningkatkan daya tahan tubuh
8. Membantu kesehatan mata
9. Pengganti cairan elektrolit tubuh
10. Mengontrol berat badan untuk program diet, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit
11. Mencegah penuaan dini
12. Menetralkan racun
13. Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
14. Mengurangi pusing dan migraine
15. Bagi anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3 dan memacu pertumbuhan DNA.
16. Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri, anti virus dan mengobati keracunan

Cara minum :
Campurkan 3-5 kelopak bunga Rosella yang telah dicuci bersih dalam air panas. Diamkan sekitar 5 menit untuk memberikan citra rasa, aroma dan warna khas bunga Rosella. Untuk penderita maag, komposisi air harus lebih banyak dan diminum setelah makan.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

28 thoughts on “Kelopak Bunga Rosella, Seribu Khasiat Untuk Kesehatan”
  1. mulyani rahayu

    kalau untuk diet dosisnya gmna ?

    Reply
  2. tia

    Klo penyakit lifer gmana?? pa bisa bi cagah/disembuhkan dengan rosella?

    Reply
  3. nugrsha

    Apakah untuk orang yg tekanan
    darah nya rendah juga boleh
    minum the rosella ?

    Reply
  4. very

    brp lm kita hrs minum rosella???

    Reply
    • Itu dijadiin kebiasaan mba biasanya, seperti kebiasaan kita minum teh celup… jadi nggak ada batasan berapa lama…selama kita enak minumnya bisa diteruskan krn gak ada efek samping

      Reply
  5. widhi

    itu Rp 4.000 berapa kg isinya per bungkus???

    Reply
  6. thomas kusnandar

    bisakah dicampur dengan Susu atau santan

    Reply
  7. thomas kusnandar

    bisa dicampur dengan susu atau santan?

    Reply
    • Mungkin bisa, seperti halnya susu teh agar rasanya lebih mantap 🙂

      Reply
  8. Deny Anggriawan

    cara mengolah nya itu gimana seumpama memetik langsung dari pohon nya….

    Reply
  9. btw sy punya produt sirup n manisan produksi ponpes binaan saya,mbak klo mo berkunjung untuk coba reseller.monggo…

    Reply
  10. dinda

    kaalo buat ibu hamil, aman ga ?

    Reply
    • aman bu … justru baik, namun baiknya ibu mencampurkannya dengan madu agar rasa asam nya tidak berpengaruh terhadap daerah sekitar perut, asamnya netral dengan adanya madu. namun khasiat suplemen sirup rosella yang baiknya tiap hari dikonsumsi tetap bermanfaat. karena dari bahan herbal alami , tak ada efek sampingnya bu. kunjungi blog kami …lokasi dimana bu

      Reply
      • Tak ada efek samping bagi herbal, termasuk rosela bila dosisnya tepat, untuk wanita hamil n penderita maag, serta anak2 ada ketentuan yg harus diperhatikan.lbh lengkapnya.mampir di blog kami.

        Reply
      • Koniy

        Blognya apa?. saya punya hipertensi apa dengan minum teh rosella bisa jadi normal?

        Reply
  11. Bu saya tinggal di Holland bisa kirimkan ga? saya tertarik sekali untuk minum bunga Rosella hitam ini.
    salam Diana.

    Reply
  12. Untuk ibu Koniy dan Bu Diana. Blog sedang kami blokir, mengingat adanya inovasi produk agar rosela bisa dinikmati dengan sensasi yang berbeda.. kemungkinan produk baru akan bisa di kirim lokal maupun internasional dengan harga yang terjangkau. teh rosela kami pasti beda sama yang lain nanti bu…. so silahkan email di ukmsholihin@yahoo.com. di tuggu. yang punya blog numpang yah ….

    nb : bu diana wah boleh nih jadi distributor di Holland, produk inovasi kami bersifat mudah diangkut nantinya. yah klo sudah ada bolehlah dicoba … email kami bu.

    rencana sekitar maret atau april produk insyaallah sudah bisa dipasarkan lokal

    Reply
  13. rara

    apakah produk ini mengandung pengawet?

    Reply
  14. mierha blunduth

    kalo untuk ibu hamil ,boleh atau gak minum teh rosela?

    Reply
    • sustri

      minumnya blh pakai gula y

      Reply
  15. Dear,
    sy ingn bertanya? tinggi sy 165 berat badan sy 60. yg ingn sy tnyakan bagaimana y caranya menurunkan berat badan dengan bunga rosela. dlm satu minggu bs nggak menurunkan berat badan 2 kilo hnya dng minum bunga rosela.
    Thank’s.

    Reply
  16. mohammad rizki

    Assalamu3laikum, nama saya mohammad rizki dr indramayu jawa barat, dan umur saya 38 tahun,saya ingin hidup mandiri dengan rosallah, gmn cara nya sementara saya pnya lahan dan saya sdh merasakan rossallah dan saya pnya pohon nya, gmn kalo saya ikut bergabung. kalo saya pnya banyak rosellah maukah membeli roselah yang saya pnya? kalo ya saya akan seriuskan untk menanam atau membuat kebun rosellah.

    hormat by M.Rizki

    Reply
  17. she valent

    kalau diblender seperti buat jus bisa nda ya?

    Reply
  18. ratna

    kalo untuk kesuburan reproduksi gimana? bisa meningkatkan kesuburan gk?

    Reply
  19. a few minutes leaving it tactic, Nei Maer Kaka about three transposition just about the most exciting [url=http://www.clarisonicsolo.com/Clarisonic-PLUS/Clarisonic-PLUS-Sonic-Skin-Cleansing-Blue-Color]Sonic Skin Cleansing Blue Color[/url] skin care supplements [url=http://www.clarisonicsolo.com/Clarisonic-Mia/Clarisonic-Mia-Sonic-Skin-Cleansing-Purple-Color]Clarisonic Mia Purple Color[/url] Keita Although your dog is doing hardly ever score,but take heart he or she has a multi functional a small amount of assists. [url=http://www.clarisonicsolo.com/]sonic skin care[/url] going to be the game,which tends to be that already scoring Uruguayans finally consecutive Premier League games
    http://www.clarisonicsolo.com/

    Reply
  20. I truly love your blog.. Excellent colors & theme.
    Did you develop this web site yourself? Please reply back as I’m trying to create my very own website and would like to find out where
    you got this from or just what the theme is named. Thanks!

    My site … cunt

    Reply
Leave a Reply