Selaput Dara Bukan Penentu Virginitas Wanita

ireztia

Selaput dara atau hymen adalah jaringan tipis yang menutupi sebagian jalan masuk ke vagina. Umumnya perempuan memilikinya. Namun demikian ada juga yang tidak memilikinya sejak lahir. Selaput dara bermacam-macam bentuk dan ukurannya. Ada yang menutup penuh dan menyisakan lubang kecil untuk menstruasi dan ada yang berlubang-lubang. Ada yang tebal dan ada yang tipis. Ada yang kaku dan ada yang elastis.

Biasanya selaput dara akan robek dan mengeluarkan darah pada saat adanya penetrasi penis pertama kali. Oleh sebab itu, mengeluarkan darah pada saat hubungan seksual seringkali dijadikan ukuran apakah seorang perempuan masih perawan atau tidak ketika akan berhubungan seks. Tapi tentu saja hal itu tidak selalu benar. Fakta berikut bisa saja terjadi ;

1. Sejak lahir tidak memiliki selaput dara.

2. Selaput daranya tipis dan tidak elastis sehingga telah sobek ketika melakukan aktivitas fisik, seperti naik kuda, naik sepeda, senam, peregangan kaki, silat dan lainnya.

3. Selaput daranya elastis sehingga tidak robek ketika ada penetrasi penis. Pada beberapa kasus, selaput dara baru benar-benar sobek saat melahirkan.

4. Selaput daranya sobek namun tidak mengeluarkan darah.

Sehingga tidak adil bagi seorang wanita yang dianggap tidak perawan oleh suaminya hanya karena ia tidak mengeluarkan darah ketika melakukan hubungan pertama mereka. Apalagi jika karena itu seorang suami menjadi merendahkan istrinya atau menganggap istrinya tak bisa menjaga kehormatan diri !!! Jadi mulai sekarang, jauhkan pikiran bahwa selaput dara yang utuh menunjukkan keperawanan seorang wanita.

Banyak mitos beredar bahwa hubungan seksual pertama kali akan sangat menyakitkan karena robeknya selaput dara. Ada yang menyebutnya selaksa disayat pisau. Benarkah hal tersebut? Hubungan seksual pertama kali seiring robeknya selaput dara kadang memang menyakitkan. Tapi hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Banyak juga perempuan yang tidak mengalami rasa sakit saat selaput daranya robek. Menurut banyak ahli, sakit pada saat hubungan seksual pertama kali diiringi robeknya selaput dara lebih banyak disebabkan faktor ketakutan akan rasa sakit, bukan karena rasa sakit itu sendiri. Perempuan sudah takut duluan dengan rasa sakit yang mungkin akan dialami. Akibatnya ia akan merasa sangat sakit meskipun sakitnya sebenarnya sedikit saja.

Sehingga sebenarnya, jika kita tidak menginginkan rasa sakit saat selaput dara itu sobek, misalnya ketika malam pertama, hal paling penting adalah perempuan tersebut harus merasa nyaman saat melakukan hubungan badan. Dengan kenyamanan tersebut, robeknya selaput dara tidak akan terasa sakit.

OBAT MENJADI PERAWAN KEMBALI

Dijaman yang makin canggih sekarang ini sesuatu hal yang tidak mungkin bisa saja menjadi mungkin, salah satunya adalah membuat seseorang yang sudah tidak perawan lagi kemudian jadi perawan lagi dengan beberapa trik/rekayasa.

Namun hal ini berdampak buruk karena justru digunakan untuk hal-hal yang negative dan tidak bertanggung jawab. Karena itu saya pribadi menganggap hal ini tidak etis. Keperawanan tidak bisa dikembalikan, karena yang terjadi adalah membohongi orang lain tentang status keperawanan kita sebenarnya.

Pendapat yang menyebutkan ciri keperawanan adalah keluarnya darah disaat pertama kali berhubungan sex karena selaput dara yang sobek menjadi pembandingnya. Padahal hal itu belum tentu benar seperti yang telah dibahas sebelumnya. Selaput dara bisa saja sobek sejak kita kecil atau bahkan tidak bisa sobek hanya karena penetrasi saking elastisnya selaput tersebut. Namun mitos yang begitu kuat inilah yang kemudian di manfaatkan oleh para pekerja seks yang sebenarnya sudah bertahun-tahun yang lalu sudah tidak perawan lagi kemudian berpura-pura menjadi perempuan lugu yang terhimpit masalah ekonomi dan berniat menjual keperawanannya ( nah lo…) dengan membuktikan darah perawannya agar dirinya dibayar mahal. Ketika sang pembeli/hidung belang berhasil memboyongnya ke suatu tempat dan”bertransaksi” dengan harga selangit tentunya, maka sang pembeli mendapatkan sang perempuan memang mengeluarkan ”darah perawan segar”

Ternyata yang dilakukan oleh sang pekerja seks tersebut cukup sederhana dalam mengelabui sang pembeli, yaitu hanya dengan memasukkan sejenis pil atau obat ke liang senggamanya beberapa saat sebelum berhubungan sex, yang fungsinya adalah untuk membuat dinding kemaluannya sangat sensitif, sehingga gesekan sedikit saja dapat membuat kulit dinding kemaluan menjadi terluka dan mengeluarkan ”darah perawan palsu”…

Maka tidak heran kalau sang pekerja seks tersebut bisa menjadi perawan lagi sesering yang ia mau. Namun yang penulis pertanyakan, apakah dinding kemaluan yang terluka itu tidak menyakitkan bagi perempuannya ???

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

23 thoughts on “Selaput Dara Bukan Penentu Virginitas Wanita”
  1. mimi

    i cant comment..tp sy keliru.. masalah saya, saya tidak pernah buat seks.. tp baru2 ini saya jatuh dan langgar satu objek… sakit juga.. sampaikan darah saya keluar… adakah itu selaput dara… adakah saya masi perawann

    Reply
  2. ireztia

    Untuk lbh pastinya periksakan ke dokter saja apakah selaput dara tsb msh utuh atau tidak.Namun apapun yg terjadi,slama belum pernah melakukan aktifitas seks ke daerah virginitas wanita,kita masih tetap perawan krn bkn selaput dara itu penentu keperawanan seseorang..

    Reply
  3. keperawanan adalah sesuatu yang sangat berharga karena apabila wanita tidak perawan lagi maka ia akan direndahkan oleh suaminya nantinya.

    Reply
  4. Mas Bagus

    Bagaimana kalo saya yang sudah terlanjur terjebak mengawini wanita yang ternyata sisa orang lain,,,!!!
    Terbukti dia telah membohongi saya,,,!!!
    Sbelumnya saya Remaja Masjid yang aktif,,,!!
    Dan sampai saat ini anak saya sudah 12 thn tetapi masih ada perasaan kecewa pada istri saya,,,!!!
    Dari dulu Ingin saya ceraikan tapi tidak tega,,,!!!
    dampaknya kalo sedang punya duit dan pikiran melayang kemasa lalu
    saya selalu berpikir ki MIRAS dan ingin Mencari dan membeli bila ada perawan yang ingin menjual VIRGINNYA,,,!!
    Sehingga teman – teman sekolah yang dulu, sering bertanya,,,
    Kenapa kamu jadi suka minum2X,,,?
    Sampai sekarang saya selalu Diam seribu Bahasa,,,!!!!
    Pertannyaan saya, Bagaimana Perasaan Kaum Wanita yang Telah
    membohongi dirinya,,?? yang mengakibatkan kerugian pada orang lain,,,???
    Tky for alll,,,!!!!

    Reply
  5. buat mas bagus…
    Saya turut sedih mendengarnya.Sebelum saya berpendapat, saya ingin bertanya bagaimana anda bisa membuktikan dia telah berbohong ? Apakah dia mengaku atau anda menangkap basah buku diary dia atau bagaimana ?
    Karena bisa saja, dalam diri istri anda menyimpan ketakutan yang besar untuk berterus terang. Rasa takut ditinggalkan oleh laki-laki yang dia cintai jika bersikap jujur adalah hal yang sangat wajar. Jika selama belasan tahun perkawinan anda tidak ada sifat istri yang di luar batas ( wanita baik-baik ), berarti mungkin saya bilang anda perlu belajar untuk memberi kesempatan kedua. Karena sebagai manusia, kita bisa khilaf dan selalu ada taubat yang Allah berikan pada setiap umat-Nya.
    Jika anda malah lari pada minuman, lalu apa bedanya anda dan istri anda ? Seorang suami adalah pimpinan keluarganya, jika istri berbuat salah, berilah petunjuk yang baik padanya. Andalah yang menentukan akan dibawa kemana rumah tangga itu, ke arah surga atau neraka. Hanya dua pilihannya.
    🙂

    Reply
  6. assalamualaikum wr.wb
    saya ingin b’tanya,sbenarnya sya malu crita kpd mba’
    gini,sbrnya saya lum brani n lum pnh ML.
    stelah pnya pacar,cow sya mulai lncang msukin jariny k”vagina sya.mula” emg agak sakit n geli.stelah sya liat V pke kca,kliatane spt Annou/b’lubang.
    tp sya tkut k’hilangan Prwan sya.ap saya msh Peawan mba. .????
    tolong dijawab yg benar yg mba.
    sblmny trima ksh
    wasslmualaikum wr.wb

    Reply
  7. Buat arum,saya nggak tahu sjauh mana jari itu masuk ke dalam daerah vagina.Jika memang terdapat lubang,itu lbh disebabkan bekas jari yg masuk (mungkin).Mslh perawan atau tidak,jelas anda masih perawan.Namun sobek tidaknya selaput dara anda jd dipertanyakan krn adanya rasa sakit,sebaiknya anda dtg lgsg ke dokter untuk lbh jelasnya.Saran saya,jagalah diri anda baik2 krn wanita selalu berada di pihak yg merugi.Oke?

    Reply
  8. Ladyvolution

    assalamualaikum wr.wb
    Sblmnya salam kenal ntuk IREZTIA karna ini p’tama kalinya saya gabung di forum ini….
    Sblmnya sy blm pernah melakukan hub. intim,,tp stelah 5 thn pacaran untuk pertama klinya sy melakukan hub. intim dgn pacar sy…
    Permasalahanya sewaktu kami melakukan hub. intim,,dari “V” sy tidak mengeluarkan darah sedikitpun,,sedangkan sy tidak pernah melakukan kegiatan fisik yg dpt menyebabkan sobeknya slaput dara (naik sepeda,,olahraga bela diri,,dll)…
    Semenjak itu pacar sy slalu b’tanya kpd sy tentang keperawanan sy,,dan sy pun slalu menjawab kalau dgn dialah sy p’tama kli melakukan hub. intim…
    Memang sy akui sewaktu penetrasi pertama terasa agak sedikit sakit,,tapi tdk sesakit apa yg dikatakan teman2 sy saat mreka melepas virginitas mereka,,mungkin karna pacar sy dpt membuat sy nyaman & tdk nervous…
    Begitulah masalah sy,,tolong yakinkan sy apakah sy masih perawan atau tdk??

    Reply
  9. @ladyvolution…
    Sebelumnya tkut salah kaprah,saya bukan orang ahli dlm bidang seperti ini. Saya hanya memposisikan sbg teman curhat para pembaca dan akan mencoba memberi saran atau menjawab sesuai pengetahuan saya yg minim..
    Saya pernah baca artikel mengenai 4 jenis selaput dara,salah satunya jenis selaput yg elastis dan berlubang2 sehingga ketika hubungan terjadi, si wanita tidak terlalu merasa sakit krn selaput itu lentur untuk menerima mr.P..nah,akibatnya selaput anda tidak terlalu terluka dan pembuluh darah yg ada tidak pecah. Atau mgkn darah yg keluar tidak banyak sehingga tidak terlihat scr kasat mata.
    Anda jelas sudah tidak perawan lg, namun bisa saja selaput anda justru msh utuh dan baru pecah ketika anda melahirkan, hal itu kadang terjadi pada wanita yg selaput daranya terlalu elastis.
    Sbnrnya setiap orang punya hak msg2,tetapi sbg saudara muslimah,sebaiknya anda bersabar untuk melakukan hubungan intim pada waktu yg tepat demi kebaikan kita para wanita..oke,say?

    Reply
  10. icha

    mba aku mau tanya,kalo boleh tau pil atau obat yang dipake pekerja seks itu apa.

    Reply
  11. siezella

    “keperawanan adalah sesuatu yang sangat berharga karena apabila wanita tidak perawan lagi maka ia akan direndahkan oleh suaminya nantinya.”

    Trus, kalau suaminya yg ternyata sudah ngga perjaka? Ngga boleh direndahkan??

    Secara ga langsung, pernyataan ini menurut saya telah merendahkan wanita…Krn menyetujui bahwa wanita bs direndahkan oleh laki2..
    Jgn buat dirimu mahkluk yg bs direndahkan oleh siapapun…!!

    Reply
  12. @siezella
    sebenernya kalau mau objektif, ya lebih baik dua2nya bisa menjaga kemaluannya dng baik.
    Tapi disini kenapa wanita yang lebih ditekankan untuk menjaga keperawanannya. Karena wanita itu berbekas. Kaya kapas. Sekali jatuh ke lumpur akan keliatan kotornya meski dicuci sebersih apapun. Tapi laki-laki itu seperti berlian. Meski terjatuh beberapa kali ke lumpur, dia akan bisa dibersihkan dengan mudah tanpa ada orang yang tahu apakah dia pernah berlumpur atau tidak.

    Siapa yang tahu bahwa suami kita udah ga perjaka lagi kecuali dia jujur sama kita ? Tapi kita sbg perempuan, tutup mulut pun suami akan tahu kalau kita udh ga perawan lagi di malam pertama.

    pendapat berbie gak bisa disalahkan seratus persen karena kenyataannya memang seperti itu yang banyak terjadi. Tapi kalau kita benar dan suami kita yang gak perjaka, kita juga berhak marah, kecewa… tetapi untuk merendahkan suami, aku nggak bisa komentar banyak karena apakah itu menyalahi agama atau enggak.

    Mungkin ini keliatan terlalu memojokkan wanita. Tapi karena itulah Islam melindungi wanita dengan segala peraturannya, karena keperawanan wanita lebih riskan untuk disia-siakan.

    Gitu say…maaf kalo salah-salah kata ya…

    Reply
  13. siezella

    Memang wanita mudah diketahui jika perawan atau tidak, ga ada yg menyangkal itu. Cuma yg aku permasalahkan di sini adalah wanita Indonesia (lebih umumnya orang2 Timur spt kita) telah salah paham dalam membuat suatu pernyataan yang sudah turun-temurun. Misalnya wacana yg kita bahas di atas. Sadar atau tidak, dalam kalimat itu ada pelecehan moril terhadap wanita. Otomatis, kalimat itu menekankan bahwa wanita merupakan mahkluk yang dapat direndahkan, sedangkan laki2 ga bisa direndahkan (aku bicara di luar konteks agama ya). Contohnya lagi:

    “Bagaimana kalo saya yang sudah terlanjur terjebak mengawini wanita yang ternyata sisa orang lain,,,!!!”

    Sisa?? Wah, dianggap seperti barang saja ya istrinya. Inilah yang perlu diklarifikasikan. Aku akan sangat mengharapkan, pelecehan terhadap wanita akan berkurang. Ada cara yang ampuh yg bs kita lakukan, yaitu tidak merasa bahwa wanita itu berada di bawah suami. Memang kita harus tunduk dan hormat pd suami, namun bkn berarti selalu berada di bawah kan?
    Mental terlalu merendah diri dan takut laki2 itulah yg menurutku membuat wanita timur lebih sering dilecehkan oleh laki2 dibanding wanita barat. Menurutku, dgn mental kuat, mandiri, tidak mudah bersedih, dan tidak pasrah adalah kunci kita mengurangi pelecehan terhadap wanita. (Skali lagi aku bicara seperti ini di luar konteks agama apapun, krn aku hanya prihatin melihat byk pelecehan wanita, krn mentalnya yg lemah, dan ‘nerimo’ saja kalo dia dilecehkan).

    Makasih, salam..Maaf kalo ada salah2 kata..;)

    Reply
  14. @ siezella
    Dalam hal itu saya setuju, tak ada manusia yang sempurna sehingga tak ada alasan bagi wanita dilecehkan secara fisik. Namun tentu yang terbaik adalah menjaga kehormatan kita sebaik mungkin sebagai wanita. Perbedaan bangsa Barat dan Timur yang jelas adalah mengenai tanggapan pergaulan bebas yang mestinya, tidak hanya agama, namun moral pun tidak dapat membenarkannya.
    Saya memang gak setuju dengan istilah sisa ataupun sejenisnya, tetapi nggak juga dengan alasan wanita barat bermental kuat itu berarti mereka bebas melakukan hubungan dengan siapa aja, kan ? Wanita Barat lebih kuat mental dalam karier mereka, itu sisi positifnya.
    Jadi ya sebaik-baiknya kita aja mengambil sisi positif dari kata ‘wanita kuat’ itu.
    oke say ?? 🙂

    Reply
  15. ami

    aqu kget bgt,
    aqu keputihan,tpi ada darahnya,
    aqu ga pernah mlakukan hub. sex,
    apa itu trmasuk robekny selaput dara?
    atau karena keputihan aqu yg trlalu parah?
    tolong jawab

    Reply
  16. Mustakim

    “Selaput Dara bukan Penentu Virginitas Wanita”
    Perkenankan, saya laki-laki 30 Tahun dan sudah bekerja sbg karyawan tetap. Sebentar lagi saya akan menikah dgn wanita yang saya pilih. Namun begitu saya ajak bicara kpd calon saya apakah kamu masih virgin? Dijawab tidak tahu. Dan kami mulai bicara ttg ms lalu dia.. Pernah sekali dia melakukan sex dgn mantan pcrnya, tapi tdk ada keluar darah. Frek. melakukan itu hanya sebentar sekali (mungkin 1 menit). Katanya masuknya itu mantul-mantul dan entah masuk sekali atau tidak dia tidak tau krn keburu mau keluar sperma lgsg ke kamar mandi. Sakitnya terasa 2 hari dan jalannya agak terbuka selama 2 hari itu setelah itu normal lagi. Nah, apakah selaput daranya itu pecah? Mohon penjelasan.. trims.

    Reply
  17. Buat para wanita, tetaplah virgin, kalo ada hasrat sex bersabarlah sedikit saja sampai nikah nanti, jangan sampai berhubungan sex diluar nikah, agar tak menyesal diakhirat nanti..

    Reply
  18. desi

    mbk,.
    saya mau tanya……..
    saya pernah melakukan hubungn intim bersama mantan saya,namun sudah 5 tahun lalu. yang ingin saya petanyakan kalau saya menukah nanti apakah miss v saya akan mengeluarkan darah lagi???????
    karena saya sudah lama tidak melakukan seks lagi.,apakah miss v saya akan menyempit lagi??? trimakasih………….

    Reply
    • Darah dihasilkan dari selaput dara yang robek. Jika selaput dara kamu termasuk yang elastis, bisa jadi darah tidak akan keluar (keluar saat melahirkan). Namun jika saat pertama sudah keluar darah, meski tdk melakukan hubungan intim lg, (mgkn) tidak akan keluar darah lagi.
      Miss V dapat menyempit lagi dengan rajin melakukan senam kegel. Untuk cara senam kegel, bisa dlihat di artikel saya “Latihan Senam Kegel Di Rumah

      Reply
  19. ita

    saya mau tanya….
    saat saya berhubungan, miss v saya kenapa tidak mengeluarkan darah ya???????
    padahal saya belum pernah berhubungan badan sbelumnya, dan sepertinya jg selaput dara saya tidak sobek krn kecelaan atau jatuh.
    tp kenapa ya saat berhubungan pertama kali saya tidak menengeluarkan darah?????
    tanya ke dokter kelamin bisa ga ya,tentang knp selaput dara tidak mengeluarkan darah???
    mohon jwbannya terima kasih.

    Reply
    • rio

      ada berapa macam virgin..
      knpa istri saya tdk mengeluarkan darah sat pertma kalie berhubungan intim…?????????????

      Reply
  20. Lusy

    Sya gx pernah mlakukan hubungan intim, tpi pas umur 9 tahun sya prnah jtuh dri speda dan mngeluarkan darah
    apakah sya masih perawan????

    Reply
  21. Sya blum pernah mlakukan hubungan intim
    tpi pas umur sya masi 9 thun sya prnah jtuh dari speda dan mngeluarkan darah
    apakah sya masi perawan.??????

    Reply
Leave a Reply