Fenomena krim-krim pemutih

Siapa sih yang ga ingin punya kulit putih? Meski saya pribadi berpendapat, orang cantik nggak perlu berkulit putih, yang penting sehat dan kencang, (lihat betapa seksinya Farah Queen yang berkulit gelap namun memiliki kulit yang sehat), tapi ada pendapat yang menyebutkan bahwa dengan kulit putih, orang akan terihat lebih cantik.

Well,  intinya orang Indonesia pengen punya kulit putih. Dan beragam cara yang mereka tempuh. Mulai dari suntik vitamin C, perawatan herbal bengkoang, minum suplemen pemutih, dan yang paling banyak dilakukan adalah dengan menggunakan krim pemutih.

Tapi tahukah kamu, kalau ternyata krim pemutih yang beredar di pasaran justru lebih banyak bahayanya daripada manfaat yang didapat ??

Krim pemutih itu pada dasarnya terbagi 2 jenis. Yaitu kosmetik pemutih dan obat pemutih. Kosmetik pemutih dapat dijual bebas di pasaran asalkan mengandung bahan-bahan pemutih pada batas yang wajar, yaitu jenis hidroquinon di bawah 1-2%. Jika kadarnya melebihi batas tersebut, itu sudah termasuk kategori obat pemutih, yang hanya bisa dipakai dibawah pengawasan dokter kulit agar digunakan dalam dosis yang tepat dan bertahap. Namun, obat pemutih pun hanya bisa berkadar di bawah 5% saja.

Nah, realitanya banyak sekali krim-krim pemutih racikan yang dibuat oleh perseorangan tanpa adanya pengawasan yang ketat. Karena ingin produknya bekerja secara cepat di kulit pemakai, tak jarang mereka membuat obat pemutih racikan yang kadar pencerahnya tinggi, bahkan mengandung merkuri.

Dan keadaan itu semakin diperlengkap oleh mental masyarakat Indonesia yang berasa “yang penting murah dan proses putihnya cepat”, semakin berjayalah krim-krim pemutih berbahaya di pasar Indonesia.

Produk-produk pemutih secara serempak seringkali menjanjikan wajah putih dalam waktu sekian hari, bebas flek dan komedo dalam beberapa kali pemakaian, sampai akhirnya wajah pemakai seputih mayat yang berbeda jauh dengan warna bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki.

Masih untung jika selama pemakaian mereka tidak mengeluhkan terjadi pengelupasan hebat, merah seluruh wajah seperti udang rebus, ataupun dilarang memakai bedak/kosmetik apapun selama perawatan. Sungguh mengerikan tampaknya untuk menjadi cantik itu. Dan apabila pemakaian dihentikan, kondisi wajah akan kembali seperti semula (efek ketergantungan). Eits, masih untung kalau hanya kembali seperti semula, tapi kenyataannya seringkali kondisi wajah lebih parah dari sebelum memakai obat pemutih tersebut. Kulit menghitam / terlihat kosong, keluar jerawat batu dan bernanah, muncul flek yang lebih banyak dari biasanya, dan ketika kita menjerit ketakutan lalu kembali memakai produk tersebut dengan harapan menjadi bersih lagi, bersiap-siaplah menerima kenyataan kalau produk tsb sudah nggak mempan untuk kulit kamu.

Saya bukan sekedar menakut-nakuti loh, tetapi sudah banyak artikel yang mengulas efek dari krim pemutih berbahaya seperti itu.Justru saya tekankan ya, krim yang bagus itu yang proses penyembuhannya wajar dan bertahap.

Jadi mulai sekarang, stop deh berpikir kalau kulit putih itu identik dengan cantik. Ga selalu seperti itu. Kalau kamu sudah dikasih warna kulit yang tidak terlalu terang, tapi dirawat dengan baik. Insya Allah akan terpancar kok kecantikan kulit kamu. Yang terpenting adalah kulit sehat, segar, lembab, kencang terawat dan bebas jerawat. Kalau kulit kamu sudah seperti itu, saya rasa warna kulit apapun akan terlihat jauh lebih menarik daripada kulit putih pucat tapi leher coklat, hehee…

Jadi daripada pakai krim pemutih yang bikin ketergantungan, coba deh cari alternative produk perawatan wajah yang lebih alami dan sudah dibuktikan bagus oleh banyak orang. Seperti produk perawatan wajah Egyptian Magic Cream dan Beauty Magic Cream yang disediakan oleh www.egyptiancream.net ini.

 

About these ads
Comments
  1. ricko says:

    ya…..mbk2 indonesia jangan macam2 deh cintai aksotika indonesia…..

  2. noerma says:

    wwuuuuiiccchhh, menakutkan……………………..

  3. ika says:

    Mb bisa minta alamat fb.sy gk ad twitter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s